Tag Archives: pengumuman penerimaan siswa baru

[BARU] Biaya Sekolah MAN Insan Cendekia TA 2015/2016

5 Apr
Mohon maaf yaa ternyata banyak sekali yang meninggalkan komen dan bertanya tentang kapan pendaftaran MAN Insan Cendekia untuk tahun pelajaran 2015/2016 dibuka. Sayangnya terlalu banyak pekerjaan yang harus aku selesaikan tahun ini, sampai-sampai aku lupa untuk berbagi info soal ini. Sebenarnya semua bisa diakses langsung dari webnya di ic.sch.id. Semua info yang aku tulis di sini juga biasanya bersumber dari sana kok :)
.
Nah, selain pertanyaan tentang timeline pendaftaran masuk IC, rupanya banyak juga yang bertanya soal biaya sekolah di Insan Cendekia sekarang… Bahkan ada beberapa yang langsung kontak via email atau twitter. It’s okay kok aku malah seneng kalo ada yang aktif nanya langsung gitu.
.
Setelah bertanya ke sana kemari, akhirnya aku dapat jawaban. Jadi sekarang kan IC udah nggak 100% beasiswa, cuma biaya SPP akademik aja yang ditanggung pemerintah. Sementara biaya makan, seragam, asrama dan lainnya itu ditanggung siswa sendiri…
.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Nah ternyata saat ini Depag mulai membangun beberapa sekolah MAN IC di beberapa daerah yang total jumlahnya ada 6. Jadi kayak semacam anggarannya dipotong gitu lho biar muat dibagi ke IC lainnya. MAN Insan Cendekia pun sekarang berjumlah 9 sekolah. Oleh karena itu, pendaftar boleh memilih 2 sekolah dengan syarat salah satu IC yang dipilih berada di daerah yang sama dengan sekolah asalnya.

.
Nah, untuk tahun ajaran baru 2015/2016 besok tiap siswa sekarang dikenakan biaya per bulannya sekitar 1,5 juta. Mahal yah.. Tapi entah bagaimana sistem pembayarannya apakah per bulan atau per tahun atau langsung per 3 tahun langsung di awal.
.
Info ini aku dapat dari teman yang masih sering silaturahim dengan guru di MAN ICS. Kalau mau ada yang ditanyakan, mungkin bisa langsung hubungi ke IC Serpong di 021-7563576 yaa. Biar bumi nggak gonjang-ganjing ;)
.
Yaah semoga saja pendidikan dengan basis iman dan iptek bisa terus berkembang yaa. Insan Cendekia tetaplah jaya!

Pengumuman Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia Serpong/Gorontalo 2012

27 Apr

Ya Allah, sampai lupaa. Kemarin, tanggal 26 April 2012, pengumuman seleksi berkas / administrasi sudah keluar. Tapi ternyata, tahun ini pengumumannya nggak seperti tahun lalu yang ada daftar panjang peserta yang lolos seleksi. Sekarang ternyata cara ngeliat pengumumannya langsung aja cek dari akun masing-masing. Berasa kayak pengumuman SNMPTN undangan yang tahun kemaren X). Oya, pesennya mas Odon, jangan lupa download kartu peserta tes tulis juga yaa..

Kemarin banyak yang komentar nanyain tempat tesnya. Lebih baik ditunggu saja. Pasti keluar kok. Biasanya, lokasinya di sekolah-sekolah MAN di tiap daerah. Tunggu aja pengumumannya.

Oke deeeh. Aku pengen ngucapin, SELAMAT buat yang udah lolos seleksi berkas! Tapi jangan berbesar hati dulu yaa. Masih ada seleksi tertulis loh. Dari jumlah kalian yang ribuan itu hanya akan disaring 120 siswa untuk di Serpong, dan 120 siswa untuk di Gorontalo. Tapi juga jangan putus asa. Yang penting, kalian terus belajar yang bener, dan jangan lupa untuk berdoa. Faktor keberuntungan mungkin juga akan bermain di sini ;) Minta doa restu orang tua. Penting juga tuh. haha. Ya sudahlah. Ayoo semangaat!

Karena banyak pertanyaan tentang gimana tesnya, mungkin aku cuma bisa ngasih gambaran dari pengalamanku 4 tahun lalu ya: jadi tesnya meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) —sejenis tes IQ— dan tes akademis untuk mata pelajaran: MatematikaIPABahasa InggrisPendidikan Agama Islam dan Bahasa Arablevelnya masih pelajaran SMP, tapi kualitas soal tentunya lebih berat dibanding UN. Untuk bahasa Arab, materinya masih simpel banget kok. Buat anak SMP Negeri, ya paling enggak ngerti perbedaan kata kerja buat ana, anti, huwa, dll. Belajarlah dikit2 yaa, soalnya di IC ntar juga ada pelajarannya ;) Bentuknya TES TERTULIS saja. 4 tahun lalu sih masih multiple choice, tapi kayaknya ga berubah, masih pake LJK ngerjainnya. yaa buat mempermudah proses pengkoreksian..

Nah, buat yang belum bisa lolos seleksi berkas, jangan berkecil hati yaa. Tempat untuk menuntut ilmu itu ada banyak. Ingat juga, Allah pasti punya rencana yang lebih baik buat kalian. Pokoknya tetap semangaaaaat \(^O^)/

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 78 other followers

%d bloggers like this: