Informasi Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN Insan Cendekia 2014/2015

20 Feb

Alhamdulillah akhirnya keluar juga pengumuman tentang PPDB ini. Berikut adalah informasi yang terdapat di web PPDB MAN Insan Cendekia Serpong – Gorontalo – Jambi tahun ajaran 2014/2015. Silakan bagi teman-teman, adik-adik, Bapak dan Ibu yang telah bersabar menunggu pengumuman ini untuk membaca pengumuman berikut.

Jadwal Kegiatan PPDB

Sosialisasi dan publikasi: 1 Februari – 5 April 2014
Proses pendaftaran: 10 Maret – 5 April 2014
Seleksi berkas: 17 Maret – 12 April 2014
Pengumuman peserta tes tulis: 30 April 2014
Pelaksanaan tes tulis: 17 Mei 2014
Pengumuman kelulusan: 11 Juni 2014
Daftar ulang: 14 – 30 Juni 2014
Awal masuk madrasah: 7 Juli 2014 (tentatif)

Syarat Pendaftaran

Penerimaan Peserta Didik Baru dilakukan secara transparan, terukur, dan dapat dipertanggung jawabkan. Syarat mengikuti pendaftaran peserta didik baru sebagai berikut:

  • Pendaftar adalah peserta didik aktif kelas IX MTs/SMP pada TP 2013/2014.
  • Usia pendaftar maksimal 17 tahun per 1 Juli 2014.
  • Pada kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2013/2014 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan: Madrasah/sekolah yang mempunyai rombongan belajar kelas IX sebanyak:
      a. 1 – 3 kelas, berhak mengirim maksimal 3 orang peserta
      b. 4 – 6 kelas, berhak mengirim maksimal 6 orang peserta
      c. > 6 kelas, berhak mengirim maksimal 9 orang peserta
  • Khusus pendaftar yg memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, lomba-lomba penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek, dapat diberikan rekomendasi tersendiri dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan poin 3 di atas. (sifatnya opsional. kalau tidak punya, juga tidak apa-apa. sertifikat ini hanya digunakan untuk penjaringan awal murid yang berpotensi masuk kelompok studi olimpiade baik target nasional maupun internasional)

Keterangan: rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2013/2014 termasuk di dalamnya kelas regular, kelas unggulan, kelas internasional, kelas bilingual, dan kelas akselerasi. Berdasarkan keterangan ini, dapat diartikan bahwa murid yang dapat mendaftar tidak harus berada di peringkat terbaik. Syarat yang perlu ditekankan adalah jumlah maksimal murid yang bisa mendaftar dari tiap sekolahnya, tergantung jumlah kelas dalam satu angkatan. Semua murid yang berasal dari satu sekolah harus memiliki 1 surat rekomendasi kolektif yang dikeluarkan oleh sekolah.

Dokumen Pendaftaran

Pendaftaran Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia 2013/2014 dapat dilakukan dengan pendaftaran secara online. Berkas yang diperlukan saat pendaftaran adalah sebagai berikut:

  • Foto 3 x 4 berwarna dalam bentuk file JPEG
  • Surat rekomendasi kepala madrasah/sekolah untuk peserta didik terbaik yang dipindai dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini)
  • (OPSIONAL) Surat rekomendasi kepala madrasah/sekolah untuk peserta didik berprestasi yang dipindai dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini) >> surat rekomendasi ini hanya digunakan untuk siswa yang memiliki prestasi di olimpiade sains tingkat nasional/internasional. Kuota tidak termasuk batasan siswa didik terbaik per rombongan belajar. Misal: satu angkatan terdapat 3 kelas. Berarti dari satu sekolah, maksimal mengirimkan 3 orang. Tapi, sekolah dapat mengirimkan anak didiknya lebih dari 3 orang ini, asalkan siswa tersebut memiliki prestasi olimpiade nasional. Surat rekomendasi yang digunakan bagi siswa olimpiade adalah surat rekomendasi sekolah untuk peserta didik berprestasi ini.
  • Halaman nilai rapor asli semester 1,2 kelas VII, semester 3,4 kelas VIII dan semester 5 kelas IX yang dipindai dalam bentuk file JPEG
  • Akte Kelahiran asli yang dipindai dalam bentuk file JPEG
  • (OPSIONAL) 1 buah sertifikat pendukung keikutsertaan lomba bagi siswa berprestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional atau internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek yang dipindai dalam bentuk file JPEG >> tidak punya tidak apa-apa. tidak begitu mempengaruhi penilaian. syarat ini dicantumkan hanya untuk menjaring siswa2 yang berpotensi ikut bimbingan khusus olimpiade nasional/internasional di IC nantinya.
  • (OPSIONAL) Surat keterangan tinggal/menginap di pondok pesantren bagi siswa yang berasal dari SMP/MTs pondok pesantren yang dipindai dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini) >> khusus untuk siswa yang tinggal di pondok pesantren semasa SMP/MTs
Materi Tes

Meteri seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Serpong dan MAN Insan Cendekia Gorontalo meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) dan tes akademis untuk mata pelajaran: matematika, IPA, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Tempat Tes dan Biaya Pendidikan

Tempat Seleksi
Seleksi peserta didik baru akan dilaksanakan di tempat yang ditunjuk Kantor Wilayah Kementerian Agama tiap provinsi di setiap provinsi dengan ketentuan bahwa jumlah peserta tes di Kanwil Kemenag tersebut minimal peserta tes 30 pendaftar yang dinyatakan lulus berkas.

Biaya Pendidikan
Bagi calon peserta didik baru yang telah dinyatakan lulus akan mendapatkan subsidi pemenuhan kebutuhan pendidikan selama belajar di MAN Insan Cendekia dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Cara Mendaftar

Sebelum anda memulai proses pendaftaran, anda sudah menyiapkan dokumen yang disyaratkan dan email kontak anda. >>> pembuatan akun baru bisa dilakukan setelah masa pendaftaran dibuka pada 10 Maret – 5 April 2014 (lihat jadwal di atas)

1. Membuat account di situs penerimaan MAN Insan Cendekia

2. Meng-upload foto

3. Meng-upload dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran

4. Melihat pengumuman peserta tes tulis (dapat dilihat mulai tanggal 30 April 2014)

Bagi Anda yang lolos seleksi sebagai peserta tes tulis:

5. Men-download kartu ujian

6. Mengikuti ujian tulis pada waktu yang telah ditentukan

7. Melihat pengumuman kelulusan

>>>Perhatian, pendaftaran hanya dapat dilakukan satu kali. Silahkan membaca petunjuk dengan baik<<<

Kontak Kami

Kementerian Agama Republik Indonesia
Direktorat Pendidikan Madrasah

Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4, Jakarta Pusat
Telp. 021-3520951

MAN Insan Cendekia Serpong

Jl. Cendekia, BSD Sektor XI, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
Telp. 021-7563578
Faks. 021-7563582
Email: penerimaan@ic.sch.id

MAN Insan Cendekia Gorontalo

Jl. Tapa – Suwawa, Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo 96183
Telp. 0435-823692
Faks. 0435-822091
Email: penerimaan@icg.sch.id

MAN Insan Cendekia Jambi

Jl. Lintas Jambi – Muara Bulian Km. 21, Kelurahan Pijoan, Kabupaten Muaro Jambi
Telp. 0741-7051025 atau 0741-7070713
Email: mancendikiajambi@ymail.com

PERHATIAN: Saat ini terdapat banyak sekolah lain yang menggunakan nama Insan Cendekia. Sekolah yang dirancang oleh BJ Habibie dan BPPT ini sekarang berada di bawah Depag, sehingga berstatus MAN (Madrasah Aliyah Negeri). Hanya ada tiga sekolah MAN Insan Cendekia : Serpong, Gorontalo, dan Jambi. Terima kasih ^^

Buat para pendaftar, semangat yaaa! Jangan lupa banyak-banyak berusaha dan berdoa🙂

157 Responses to “Informasi Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN Insan Cendekia 2014/2015”

  1. nackita vhionica 4 June 2016 at 23:44 #

    Maaf mau tanya apa benar insan cendekia ada cabang di makassar sulawesi selatan??..kalau benar apakah sudah menerima santri yang ingin
    mendftar?? Mohon jawabannya makasih

    Like

  2. risma dyah 3 June 2016 at 17:27 #

    pak. saya mau tnya, apakah pendaftaran skolah habibie itu masih dibuka apa sudah ditutup, krna saya mau daftar.

    Like

  3. Yusmiati wazir 5 June 2015 at 10:05 #

    Maaf pak, mau tanya: kapan pengumuman hasil tes ppdb periode2015-2016

    Like

  4. annisa kasih windra 11 May 2015 at 13:57 #

    Kak nirmala,, bagi yang udah lulus seleksi berkas trus mau tes, buat kartu ujian tes nya kayak mana kak,,??

    Like

  5. Anonymous 8 May 2015 at 09:39 #

    Download kartu ujiannya dimana?

    Liked by 2 people

    • Hilla 9 May 2015 at 16:09 #

      log in dulu aja ke penerimaan.ic.sch.id kalo ga bisa aku udah tanya humas pake penerimaan.ic.sch.id/generate/printkartu/nomor registrasi pendaftar. nah yang jadi masalah,aku lupa nomor registrasi pendaftarnya,jadinya harus log in. dan password salah terus. ada yang bisa bantu ga? thx

      Liked by 1 person

  6. anggi 21 March 2015 at 17:53 #

    skdar info buat temen2 lain yg lagi pada nyari ppdb ic 2015/2016, pendaftaran online IC udah dibuka mulai tanggal 1 maret-1 april. Trus seleksi berkas tanggal 3 maret-10 april. Pengumuman hasil seleksi berkas tnggl 20 april. Tes tulisnya tnggl 9 mei. Dan pengumuman hasil tes tulisnya tanggal 5 juni

    kak Nirmala gk papayah kalo aku sebarin info

    Like

    • nirmalafauzia 5 April 2015 at 23:13 #

      @anggi: Hai Anggi! Nggak papa bangeet kalo dibantuin nyebarin info ini. Maaf banget tahun ini aku belum sempet ngepos infonya, udah keburu tutup aja pendaftaran. Maklum ya pusing mikirin skripsi. Hehe. Semangat terus yaaa~

      Like

  7. anggi 21 March 2015 at 17:44 #

    assalammualaikum kak Nirmala, apa bener t.a 2015/2016 di IC gk gratis lagi? Trus kan katanya bg yg krng mampu hrus ada KPS/KIP, kalo yang gak ada gmana kak? surat ket. aja dari kades boleh?

    Like

  8. Zualdi de Noer 9 March 2015 at 20:11 #

    Asa mohon informasi untuk tahun ajaran 2015-2016 kapan dimulai pendaftarannya. Terima kasih atas perhatiannya

    Like

  9. rida 8 March 2015 at 19:08 #

    kalo pendaftaran untuk tahun ajaran 2015/2016 kapan ya?

    Like

  10. anon 7 March 2015 at 11:30 #

    hei bm tm anip hr ni

    Like

  11. anon 7 March 2015 at 11:29 #

    kapan pndaftran nya pak thun 2015/2016?

    Like

  12. Anonymous 24 February 2015 at 05:49 #

    pak emang nya harus orang yang mendapat ranking/orang yang pintar ya kesana….????

    Like

  13. Anonymous 23 February 2015 at 22:04 #

    Asss….
    kalau beasiswa untuk anak yatim piatu ada gak pak……??

    Like

  14. anon 9 February 2015 at 14:29 #

    Untuk informadi pendaftaran tahun 2015/2016 kapan?thnks.

    Like

  15. Anonymous 5 February 2015 at 17:50 #

    Assalamualaikum…
    saya mau nanya, kira-kira kalo siswa dari SMP negeri soal tesnya dibedain gak dengan siswa dari ponpes/mts?

    Like

  16. nta 29 January 2015 at 21:42 #

    Kalau ikut OSN fisika tapi hanya sampai pada tingkat kabupaten itu bisa dibuatin surat rekomendasi dari kepsek gak? Makasih..

    Like

  17. abdul jalil 28 January 2015 at 11:20 #

    Pendaftaran murid baru di man 4 jakarta untuk tahun ajaran baru 2015 – 2016 kapan yah?

    Like

  18. Anonymous 24 January 2015 at 22:59 #

    biaya pendidikan per bulan dan pertama masuk berapa yapak ?

    Like

    • nirmalafauzia 27 January 2015 at 15:40 #

      Sampai saat ini masih gratis 100% beasiswa dari depag. Tapi kurang tahu untuk tahun ajaran depan bagaimana kebijakannya~

      Like

  19. ocha 7 November 2014 at 19:14 #

    mau tanya. saya sewaktu kelas 7 di semester kedua pindah, dari pondok gontor putri 1 ke smp sekarang saya ini. nggak ada nilai raport semester 1. trus gimana ya?

    Like

  20. Anonymous 9 October 2014 at 21:21 #

    assalamu’alaikum. kak,saya mau tanya, beasiswa masuk ic apa akan ada setiap tahunnya ? mohon jawabannya kak,saya butuh sekali. makasih
    by AjengAprilia

    Like

Trackbacks/Pingbacks

  1. pendaftaran ppdb gelombang kedua sekolah negeri jambi | info pendidikan - 29 December 2014

    […] chaochao.wordpress.com […]

    Like

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: