Two Weeks, a Brand New Genre of Drama

16 Oct

gambar diambil dari asianwiki.com

Judul : Two Weeks (투윅스)

Sutradara : Son Hyeong-Seok, Choi Jung-Kyu

Stasiun TV : MBC

Tanggal Tayang : 7 Agustus  – 26 September 2013

Jumlah Episode : 16

Pemain : Lee Jun Ki, Park Ha Sun, Song Jae Rim

 

Satu lagi drama ‘tak biasa’ kembali hadir memberikan tontonan segar nan unik. Sesuai dengan judulnya, Two Weeks berkisah tentang pelarian Jang Tae San (Lee Jun Ki) selama 2 minggu dari kejaran polisi. Satu hari pelarian, satu episode. Cukup menarik bukan?

Kenapa Tae San dikejar polisi? Nah, Tae San ini dijebak oleh Moon Il Sook sehingga dia dituduh membunuh seorang perempuan. Tak hanya di situ, Moon Il Sook pun mengirim anak buahnya untuk menyusup ke penjara dan mencekik Tae San dengan tali. Moon Il Sook adalah seorang bos mafia yang sempat dilayani oleh Tae San. Sudah dua kali Tae San harus masuk penjara sebagai kambing hitam tindakan kriminal yang dilakukan oleh Moon Il Sook. Oleh karena itu, Tae San tidak mau dijebak lagi untuk yang ketiga kalinya.

Terlebih, hari itu Tae San baru saja ditemui Seo In Hye, kekasihnya delapan tahun lalu yang dikira telah menghilang. Tae San dimintai tolong untuk mendonorkan sumsum tulang belakangnya. Rupanya In Hye tak jadi menggugurkan kandungannya delapan tahun lalu. Sayangnya, Seo Soo Jin, puteri kecilnya ini menderita penyakit leukimia parah hingga membutuhkan donor.

Meski penampilan preman, tapi hati Tae San hello kitty lho. Tae San luluh melihat betapa imutnya Soo Jin. Ia pun memutuskan kabur dari penjara karena takut dirinya akan dibunuh. Apalagi Soo Jin terlanjur masuk ruang aseptik dan menerima terapi radiasi. Tanggal operasi sudah tak bisa diundur lagi. Jadi, mau tak mau Tae San harus berusaha menyelamatkan dirinya agar puterinya dapat hidup. Terluka saja tidak boleh, apalagi sampai mati terbunuh, bisa-bisa puterinya turut mati.

Ternyata, masalahnya bukan hanya di situ. Moon Il Sook terlibat kasus yang lebih besar. Seorang jaksa penyelidik, Park Jae Kyung, telah lama membuntuti Moon Il Sook terkait tindakan kriminal besar yang dicurigai dilakukan bersama Jo Soe Hee, tokoh feminis bermuka dua yang akan dicalonkan sebagai walikota. Park Jae Kyung, yang sadar Tae San hanya dijebak, membantu membersihkan nama Tae San dan berusaha meringkus Il Sook – Soe Hee.

——————————————-

Berbeda dengan banyak drama yang berkutat di masalah percintaan sepasang kekasih manusia, Two Weeks malah lebih banyak menunjukkan besarnya kasih sayang orang tua pada anaknya. Seperti betapa sayangnya Tae San pada Soo Jin, meski baru pertama kali bertemu selama 8 tahun. Kadang jadi terharu pas adegan Tae San membayangkan Soo Jin muncul di sampingnya selama pelarian. Kehadiran puteri kecilnya ini memberi semangat Tae San untuk terus bertahan :’)

Kisah Soo Jin pun tak kalah menarik. Anak kecil umur delapan tahun ini benar-benar ingin tahu siapa ayahnya. Hanya berbekal foto In Hye dan Tae San yang telah robek, anak kecil ini bisa mengenali ayahnya ketika pertama kali bertemu. Akting Lee Chae Mi, pemeran Soo Jin, keren! Kalimat-kalimat yang diucapkan Soo Jin tampak benar-benar tulus, asli kalimat bocah~ Seperti ketika ia bercerita tentang kisah cinta gunung, matahari, dan bulan; itu lucu bangeet >.<

Lain lagi kisah Han Chi Gook yang masih ingat anaknya, Master Kim a.k.a Glue (Song Jae Rim) yang diculik sewaktu kecil. Ia mengenali Master Kim dari tutup pena yang digunakan Kim. Hingga akhirnya Kim, yang tanpa segan membunuh orang, pun luluh ketika bertemu langsung dengan ayahnya yang dulu ia panggil “Jenderal”.

Kisah dengan logika terbalik milik Jo Soe Hee pun ada. Ia ingin sekali menjadi malaikat terbaik bagi puteranya yang memiliki keterbelakangan mental. Soe Hee pun mengumpulkan uang sebanyak mungkin agar dapat segera pensiun dan hidup berdua dengan anaknya saja. Namun sayang langkah yang ditempuhnya salah dan ia harus membayar perbuatannya tersebut.

Memang, selalu saja ada kisah antara anak dan orang tua yang unik; dan menurut saya drama Two Weeks ini bisa menyajikan beberapa keadaan ‘ekstrem’nya dengan apik.

Tak hanya itu, dari drama ini kita juga bisa sedikit melihat praktik mafia di Indonesia. Masih ingat kasus jasa ‘penagih hutang’ di Jakarta beberapa saat lalu? Korbannya disekap, dan diancam anggota keluarganya akan disakiti jika mereka tidak segera membayar hutang. Tampaknya ancaman pada anggota keluarga memang menjadi senjata pamungkas para preman ini. Lihat saja Tae San sampai rela masuk penjara dua kali gara-gara In Hye diancam akan dibunuh. Susah sih ya emang kalo udah keluarga yang jadi taruhannya. Tapi gara-gara nonton drama ini, jadi sering kepikiran jangan-jangan ada banyak kasus serupa di luar sana. Sebenarnya yang melakukan perbuatan kriminal itu orang ‘besar’ tapi ia menyuap orang-orang ‘kecil’ untuk dijadikan tumbal…

————————–

Alasan pertama saya nonton drama ini, itu semata karena jalur cerita unik yang ditawarkan dengan konsep ‘satu hari satu episode’ nya. Tapi setelah nonton ternyata banyak juga poin bagus Two Weeks. Salah satunya adalah…. Jae Rim! Bagi yang udah nonton ‘The Moon that Embraces The Sun’ aktor ini pasti sudah tidak asing lagi :3 Ah sayangnya Jae Rim tidak punya banyak line dialog. Tapi memang kebanyakan perannya Jae Rim jarang ngomong sih -,-

Namun, ada satu hal yang disayangkan dari drama ini yakni kurang halusnya proses editing. Kalo saya ngerasa sih perpindahan antara satu scene ke scene berikutnya rada kurang halus. Kadang bisa bikin penontonnya bingung. Misalnya aja kayak yang di episode satu, pindahnya alur dari kisahnya Tae San, ke kisah Seo Hee, ke kisah lainnya itu kerasa njegleg banget. Tau-tau, oh udah ganti toh. Yaa penontonnya lama-lama paham sih, tapi rasanya jadi kurang nikmat. Selain itu, ada pula saat ketika Tae San membayangkan potongan adegan film yang mengajarinya cara kabur–nyelinap di truk sayurlah, nyelip di bawah truklah, kocak–itu juga terlalu mendadak. Lho, kok tau-tau muncul Nicholas Cage? Ealaah. Yah semacam itulah.

Tapi, meski ada bagian-bagian yang kurang sedep, drama ini jadi salah satu rekomendasi saya. Selain alurnya segar, penonton diajak untuk ikut ‘deg-degan’ kira-kira habis ini gimana caranya Tae San kabur yaa? Endingnya juga memuaskan! Sama sekali nggak maksa. Buat kamu yang bosen liat drama Korea yang cheesy banget, coba tonton Two Weeks dan rasakan sensasinya!

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: