Rooftop Prince, Kisah Romantis yang Tragis

31 Jul

Gambar diambil dari http://www.koreandrama.org

Judul : 옥탑방 왕세자 / Oktabbang Wangseja / Rooftop Prince

Genre : Fantasy, Comedy, Romance

Jumlah Episode : 20

Periode broadcast : Channel SBS, 21 Maret 2012 – 24 Mei 2012

Pemeran : Park Yoo Chun (Sungkyunkwan Scandal), Han Ji Min, Lee Tae Sung (Playful Kiss), Jung Yoo Mi

———————————————————————————–

Apa sih yang paling penting kalo kita mau bikin film?

Pertama, ide cerita harus unik, menarik, juga tidak tertebak. Film Titanic bisa menjadi film terbaik sepanjang masa karena ide cerita romantisnya yang belum pernah diangkat sebelumnya. Apalagi adanya adegan berdiri di ujung kapal sambil merentangkan tangan, wah, legendaris banget tuh. Taaapi, ide cerita yang bagus tidak bisa menjamin suatu film bisa dibilang brilian, kalau unsur terpenting kedua tidak terpenuhi: eksekusi pemeran. Film bisa sangat terangkat pamornya kalau aktor-aktornya punya skill bermain akting yang baik daaaan punya ‘tampang’ juga tentunya.

Oke, balik ke tujuan semula tulisan ini, hal yang mau saya katakan adalah, drama Rooftop Prince (Ok-tab-bang Wangseja) ini—menurut saya—berhasil memenuhi dua poin paling penting yang sudah disebutkan di awal tadi: cerita menarik, dan aktornya yang lebih menarik lagi. Hehe. Top!

Memang sudah ada beberapa film yang bercerita tentang reinkarnasi—penjelmaan (penitisan) kembali makhluk yang telah mati (KBBI, -Red). Misalnya, film The Myth punya Jackie Chan. Tapi, sepengetahuan saya, belum ada film yang nekat mengirimkan orang dari masa lalu ke masa sekarang untuk bertemu dengan reinkarnasinya seperti yang ada di Rooftop Prince. Unik tapi nekat.

Kenapa dibilang nekat? Ya iyalah, film ini imajinasinya  lebay banget. Memang sih ada agama yang mempercayai reinkarnasi, tapi kalo ada orang dari 300 tahun yang lalu tiba-tiba muncul di masa sekarang kan lucu jadinya. Untungnya, si sutradara milih aktor yang tepat, Park Yoo Chun, cakep gitu lho maksudnya. Coba kalo enggak, udah dari episode satu ga aku lanjutin lagi deh nontonnya.

– Sinopsis –

Buat yang belom tahu ceritanya, Rooftop Prince ini bercerita tentang Lee Gak (Yoo Chun), seorang pangeran di masa Joseon 300 tahun lalu. Suatu hari ia dikagetkan dengan laporan Puteri Mahkota, isterinya, mati tenggelam di kolam teratai. Lee Gak yakin ini kasus pembunuhan. Oleh karena itu, ia merekrut ‘staf khususnya’: Song Man Bo yang pandai, Do Chi San si tukang gossip, dan Woo Yong Sul sang penjagal. Malam itu mereka menyelidiki rumah seorang penjual racun, namun tiba-tiba mereka disergap di tengah hutan. Saat mereka berempat melompati sebuah jurang, KABOOOM, mereka menghilang!

Tiba-tiba mereka sudah duduk manis di sebuah rumah kecil sewaan yang ada di lantai dua. Ya, mereka datang ke tahun 2012. Park Ha (Han Ji Min), pemilik rumah itu tentu terkejut bukan main dan mengusir mereka karena disangka orang gila. Tapi seperti yang sudah bisa ditebak, ujung-ujungnya mereka berempat akhirnya tinggal di rumah sewaan itu. Inilah maksud judul drama ini, Rooftop Prince, pangeran yang tinggal di loteng, rumah di lantai dua.

Awalnya Lee Gak berpikir ia dikirim 300 tahun mendatang untuk bertemu dengan reinkarnasi dari Puteri Mahkota, yaitu Hong Se Na, agar bisa memecahkan misteri kematian Puteri Mahkota sekaligus hilangnya Yong Tae Yong. Tapi fakta demi fakta terungkap. Ternyata tak hanya Puteri Mahkota saja yang bereinkarnasi menjadi Hong Se Na. Yong Tae Yong, cucu pemilik perusahaan Home & Shopping, adalah reinkarnasi dari Lee Gak, lalu Bu Yong, adik kandung Puteri Mahkota ternyata bereinkarnasi menjadi Park Ha, dan Pangeran Mu Chang, kakak tiri Lee Gak menjadi Yong Tae Moo yang juga kakak tiri dari Tae Yong. Sifat mereka dan peristiwa-peristiwa yang terjadi, ternyata sama, baik di Joseon maupun di masa sekarang. Oleh karena itu, akhirnya Lee Gak bisa memecahkan misteri kematian tersebut.

Kira-kira timeline nya kayak gini nih:

Tae Moo ingin mendapatkan posisi CEO Home & Shopping [–] Mu Chang ingin jadi raja

Tae Moo harus menyingkirkan Tae Yong, si pewaris tunggal [–] Mu Chang harus membunuh Lee Gak, si Putera Mahkota

Hong Se Na membantu Tae Moo yang mau menabrak mati Tae Yong [–] Puteri Mahkota membantu Mu Chang dengan menaburkan bubuk arsenik di manisan kesemek yang akan dimakan Pangeran Lee Gak

Park Ha tahu rencana Se Na dan Tae Moo, ia mendorong Tae Yong hingga akhirnya Park Ha yang tertabrak dan tercebur ke danau [–] Bu Yong tahu kakaknya meracuni manisan kesemek, akhirnya ia memakan semua manisan kesemek agar tidak dimakan Lee Gak

Hati Park Ha rusak dan harus ditransplantasi, Se Na yang sadar akhirnya membantu Park Ha [–] Bu Yong tetap berkorban hingga akhir. Ia bertukar pakaian dengan Puteri Mahkota agar keluarganya tidak dihukum karena mau meracuni Pangeran.

Lee Gak yang datang ke tahun 2012 ini jatuh cinta pada Park Ha, bukan pada Se Na. Lee Gak sadar, tujuan ia datang 300 tahun kemudian adalah supaya ia bisa bertemu dengan cinta sejatinya, reinkarnasi Bu Yong. Oleh karena itu, Lee Gak meninggalkan surat untuk Park Ha di bawah tiang pavilion Bu Yong. Intinya, “Meski 300 tahun telah berlalu, aku akan tetap mencintaimu”. Yah, dan drama ini pun ditutup oleh adegan bertemunya Park Ha dengan Yong Tae Yong.

– Review –

Okeey, dari 10 saya kasih 8.5 deeh nilai buat Rooftop Prince. Sayangnya, episode 1 nya kurang menarik. Kalo drama King 2 Hearts kan dari awal emang udah menarik dan bikin kita penasaran buat lanjut ke episode selanjutnya. Nah, kalo Rooftop Prince ini baru menarik setelah kira-kira 5 episode lebih. Tapi kalo kita udah terlibat dalam ceritanya, wuiih, ga bisa lepas deeh. Untungnya sekarang liburan, jadi aku bisa begadang nonton ini sampai jam 1 malem. Hihi.

Awalnya nih, waktu denger judul drama Rooftop Prince, yang ada di pikiranku itu cuma drama romansa picisan ala Korea. Translate-an judulnya kurang menarik. Paling ceritanya standar gitu-gitu aja. Apalagi waktu denger-denger dari temen kalo ceritanya itu tentang pangeran dari jaman dahulu pergi ke jaman sekarang buat nyari isterinya. Widiih, itu kan sangat absurd kawan. Makin enggan rasanya untuk nonton, tapi setelah tahu pemeran utamanya Mickey Yoo Chun JYJ, akhirnya kuputuskan buat nyobain. Dan ternyata lumayaaan. Hehe.

Mungkin ada yang pernah denger berita kalau dari 3 drama bersaing: Rooftop Prince (SBS), King 2 Hearts (MBC), ama The Equator Man (KBS), pemenangnya adalah Rooftop Prince. Dalam hal apa nih? Setelah aku cari beritanya, ternyata dia menang di rating penonton pada episode terakhir. Memang kalau kita lihat, akhir episode 19 Rooftop Prince itu belum mencerminkan penyelesaian apa pun terhadap konflik yang ada. Sama sekali no clue soal apa yang akan terjadi selanjutnya. Bikin penasaran deh.

Di sinilah bagusnya Rooftop Prince. Memang alurnya sangat lambat hingga di episode-episode awal terasa membosankan. Tapi secara perlahan penonton diajak memahami konflik yang ada, masuk terus semakin dalam hingga tak tertebak lagi ke arah mana ceritanya mau dijalankan. Makanya, wajar saja kalau rating episode terakhir Rooftop Prince jadi paling tinggi, karena semua kunci jawaban dari permasalahan yang disajikan baru muncul di situ.

Ada bagusnya, tentu ada jeleknya. Sayang banget, buat representasi tahta raja di masa Joseon, Rooftop Prince ambil pengandaian CEO perusahaan Home & Shopping. Beuuh, boseeeen banget deh liat drama yang ambil latar perebutan warisan perusahaan begini. Rasanya udah kayak nonton sinetron-sinetron gak mutu itu -____-“. Bener-bener pengen dicepetin part-nya kalo udah bicara soal perusahaan bla bla gitu.

– Another Side of –

Waktu liat Han Ji Min, yang jadi Park Ha, awalnya aku kira dia Song Ji Hyo, rada mirip ya? Hhe Tapi matanya Han Ji Min lebih sendu, pake banget. Emang bagus sih matanya.

Dari sekian aktor, yang paling aku suka itu aktingnya Soong Ok Suk yang berperan jadi ibunya Hong Se Na dan ibu tirinya Park Ha. Peran keibuannya dapet banget. Yaa, jadi kayak ngeliat ibu-ibu beneran yang suka hectic sendiri bikin makanan kalo anaknya pulang. Trus akting seneng dan sedih ngeliat perjalanan anak-anaknya juga menyentuh banget. Terasa natural deh pokoknya.

Aktor lain yang nggak kalah keren aktingnya itu Lee Tae Sung, yang jadi pemeran Yong Tae Mu. Kaget deh waktu liat ternyata peran dia di Rooftop Prince jadi orang jahat. Padahal waktu dia main di Playful Kiss, perannya dia beda banget. Dia jadi ketua gerombolan geng norak gitu. Nggak ada aura liciknya sama sekali. Eeh, di drama terbarunya ini ternyata Lee Tae Sung ini bisa merubah karakter yang awalnya konyol, jadi sangar. Cool!

Namanya juga drama komedi, tentu banyak adegan-adegan singkat yang konyol. Nah, bagi yang udah pernah nonton The Moon that Embraces The Sun, drama SBS sebelumnya, ada kemunculan pemeran Ho Yeom di episode 8-9. Ceritanya dia di situ jadi pasangan blind-date nya Park Ha. Kebetulan emang banyak pemeran di TMTETS yang bermain lagi di Rooftop Prince.

Trus ada juga adegan ga penting: ngebandingin Shin Min A (main cast My Girl Friend is Gumiho) sama Shin Bong Sun (komedian). Itu apa bangetlah pokoknya. Daaan tentu saja yang selalu bikin ketawa adalah aksi trio macan: Man Bo, Chi San, sama Yong Sul dengan kekonyolan mereka.

Satu lagi yang bikin ngiler, mentang-mentang disponsori sama Samsung Galaxy Note, trus semua pemerannya pake Galnote. Sama aja kayak King 2 Hearts juga. Kan jadi ikutan kepengen pake. Haha. Kalo lagi liat adegan pake hape, tiba-tiba jadi keinget deh serial Para Pencari Tuhan pas puasa, biasanya ada box tissue tulisannya oli TOP 1, ngiklan banget. Hihi.

Oya, yang menarik dari Rooftop Prince ini yaitu adanya chibi-chibi lucu dari adegan tiap episodenya. Diparodiin gitu ceritanya. Lucu deh. Kartun-kartun singkat ini hampir selalu ada di tiap akhir episodenya.

Tapi, yang paling penting dari segala pernak-pernik drama Rooftop Prince ini yakni pesan buat kita: kalau kita sudah berbohong sekali, pasti bakal muncul kebohongan-kebohongan lainnya untuk menutupi kebohongan kita di awal tadi. Makanya, hati-hati nih yang suka bohong, ntar kejadian kayak Hong Se Na yang hidupnya tak kunjung bahagia meski punya banyak harta.

9 Responses to “Rooftop Prince, Kisah Romantis yang Tragis”

  1. Anonymous 15 October 2014 at 22:06 #

    nggak ada waktu tanpa nangis selama nonton rooftop prince inih :’) kangen park-ha❤ putra mahkota🙂

    Liked by 1 person

  2. Anonymous 13 May 2013 at 14:23 #

    menurut saya kisah cinta yang ada di flem ini memang bagus,, tapi masih banyak yang nga jelas,, masa se na yang mentranflantasikan hatinya kepada park ha ko masih hidup padahal hatikan cuma satu,, trus bagai mana kisah kelanjutan dari proses kesembuhan dari Tae yong, dan kenapa proses pertemuannya cuma sekedar pegangan tangan.

    Like

  3. Anonymous 11 March 2013 at 17:28 #

    aku gax sabar pgn liat lanjutan rooftop prince

    Like

  4. sharie 6 March 2013 at 04:33 #

    Itu running man episode brp ya yg berdandan ala rooftop prince, aQ lum nnton kyknya T_T

    Like

  5. kantong plastik 12 September 2012 at 00:35 #

    wawawaaaa… baru banget selesai nonton drama korea ini tadi pagi. dan nemu review yg lengkap banget gini. emg iya, awalny emg ga niat bgt mau nonton ini, tadiny baru donload 5 episode, eh malah keterusan. soalnya emang koplak. apalagi tiga orang yg petantang petenteng ituh. dan iyaa banget jadi ngiler pengen galaxy note. endingnya unpredictable banget. karakter Se Na ngegemesin: Jahat tapi bikin iba.
    aaa.. pokoknya sukaaa

    Like

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: