Tari Rampo?? Atau Tari Saman??

27 Apr

Apa yang ada di benak Anda waktu ngeliat foto ini? Orang lagi nampilin tari SAMAN kah??

Kalau iya, berarti jawaban Anda SALAH. Saat ini, seringkali orang menganggap semua tarian asal Aceh yang dimainkan oleh orang banyak, dengan gerakan yang serempak menghentak-hentak, disebut tari Saman. Padahal tidak selalu seperti itu lho. Tarian yang ada di Aceh ada baaanyak sekali jenisnya.

Tari SAMAN sebenarnya adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) di Aceh Tenggara, yang tinggal di wilayah Dataran Tinggi Gayo. Syairnya menggunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Pencetusnya adalah Syekh Saman, seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di Aceh pada sekitar abad ke-14. Tarian ini hanya dimainkan oleh LAKI-LAKI. Selain itu, tarian ini juga TIDAK DIIRINGI MUSIK/GENDANG. Melainkan murni dari nyanyian si penari dan suara tepukan tangan ke badan. Kalau kita lihat dari liriknya saja, maka kita akan tahu kalau tarian Saman ini memang dimaksudkan sebagai sarana berdakwah.

Awalnya, tarian Saman hanya dipentaskan pada acara-acara tertentu, seperti acara peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW atau yang biasa disebut Maulid Nabi. Tapi sekarang tarian ini sering dipentaskan juga di perhelatan akbar lainnya. Pakem-pakemnya banyak yang sudah dimodifikasi untuk mengikuti perkembangan zaman. Hebatnya, tari Saman sudah ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif  Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011 yang lalu.

Seperti yang sudah disinggung di atas, nama tari Saman sudah mengalami generalisasi ke nama-nama tarian Aceh lainnya. Padahal tari Aceh yang sejenis dengan tari Saman ada banyak. Misalnya tari Rapa’i Geleng, tarian yang penarinya membawa gendang sebagai properti utama. Ada pula tari Liko’ Pulo, juga tari Rateb Meuseukat, yang sama-sama mengandalkan kecepatan tangan dan ketangkasan penarinya. Yang membedakan adalah lirik lagunya, gender pemainnya, juga gerakan-gerakannya.

Semasa SMA dulu pun aku masih menyebut semua tarian itu sebagai tari SAMAN, tapi sejak kuliah ini, kebetulan aku bergabung dengan tim tari Rampo- Rapa’i IMABA (Ikatan Mahasiswa Asia Barat) di FIB UGM, di sinilah aku baru tahu kalau tak semua bisa disebut saman..

Tari Rampo adalah tarian Aceh yang “mencomot-comot” gerakan dari tari Aceh lainnya. Misalnya mengambil gerakan dari tari Liko’ Pulo, modifikasi dari gerakan tari Saman, menampilkan tari Pukat (seperti di gambar), dan lainnya. Aku merasa beruntung bisa bergabung di tim tari ini. Selama hampir setahun terakhir, kira-kira sudah 3 kali aku tampil. Untungnya waktu SMA, udah pernah belajar. Jadi tinggal menambah referensi gerakan, juga ngebenerin hafalan LIRIK, yang ternyata salah kaprah selama ini. haha.

Semoga, tarian Aceh yang jadi warisan dunia ini bisa tetap lestari! I LOVE INDONESIA❤

sumber:

http://travel.detik.com/read/2012/02/10/101542/1839086/1025/tari-saman-warisan-aceh-untuk-dunia diakses 27 April 2012 pukul 07.01

http://pusaka2aceh.wordpress.com/2008/01/30/24/ diakses 27 April 2012 pukul 07.03

http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Saman diakses 27 April 2012 pukul 07.03

One Response to “Tari Rampo?? Atau Tari Saman??”

  1. ahmad 28 April 2012 at 13:52 #

    ass,kak,pljrn mtk,ipa,b.inggris materi tntng soal UN? klw PAI gimana?

    Like

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: