Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia Serpong 2012/2013

22 Feb

Untuk sementara, baru informasi ini yang ada di website MAN Insan Cendekia Serpong. Mungkin masih bertahap. Sabar yaa nunggu infonya. Pendaftaran baru dibuka bulan April koook. Bisa loh dicek langsung di websitenya: MAN Insan Cendekia Serpong. Masih sangat mungkin informasi-informasi di bawah ini ada yang ditambah dan dikurangi. Oleh karena itu, mohon bersabar dulu yaaa.. Dan jangan lupa untuk terus update info-info yang baru 🙂

Penerimaan Peserta Didik Baru dilakukan secara transparan, terukur, dan dapat dipertanggungjawabkan. Syarat mengikuti pendaftaran peserta didik baru sebagai berikut:

  • Pendaftar adalah peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2011/2012.
  • Usia pendaftar maksimal 17 tahun per 1 Juli 2012.
  • Pada kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan: Madrasah/sekolah yang mempunyai rombongan belajar kelas IX sebanyak:
      a. 1-3 kelas, berhak mengirim maksimal 5 orang peserta
      b. 4-5 kelas, berhak mengirim maksimal 7 orang peserta
      c. > 5 kelas, berhak mengirim maksimal 9 orang peserta
  • Khusus pendaftar yg memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek, dapat diberikan rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan poin 3 di atas.

Keterangan: rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2011/2012 termasuk di dalamnya kelas regular, kelas unggulan, kelas internasional, kelas bilingual, dan kelas akselerasi.

Syarat Pendaftaran:

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia 2012/2013 dapat dilakukan dengan pendaftaran secara online di alamat http://penerimaan.ic.sch.id (baru diaktifkan di bulan APRIL). Berkas yang diperlukan saat pendaftaran adalah sebagai berikut:

    • Foto 3 x 4 berwarna dalam bentuk file JPEG (foto digital)
    • Surat rekomendasi kepala madrasah/sekolah untuk peserta didik terbaik atau sertifikat keikutsertaan lomba bagi siswa berprestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini)
    • Surat keterangan tinggal/menginap di pondok pesantren bagi siswa yang berasal dari SMP/MTs pondok pesantren dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini)
    • Satu halaman rapor semester 1 kelas IX yang dilegalisasi kepala madrasah dalam bentuk file JPEG (lembar raportnya di-scan ya setelah dilegalisir)

Agenda Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Tahun 2012:

  • Persiapan (1 Januari – 7 Februari 2012)
  • Sosialisasi & Publikasi (13 Januari – 31 Maret 2012)
  • Proses Pendaftaran (1 – 21 April 2012)
  • Seleksi Berkas (1 – 25 April 2012)
  • Pengumuman Peserta Tes (26 April 2012)
  • Pelaksanaan Tes (12 Mei 2012)
  • Pengumuman Kelulusan (28 Mei 2012)
  • Daftar Ulang (1 – 18 Juni 2012)
  • Awal Masuk Madrasah (7 Juli 2012-tentatif)

Materi seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Serpong dan MAN Insan Cendekia Gorontalo meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) —sejenis tes IQ— dan tes akademis untuk mata pelajaran: Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab —levelnya masih pelajaran SMP, tapi kualitas soal tentunya lebih berat dibanding UN. Untuk bahasa Arab, materinya masih simpel banget kok. Buat anak SMP Negeri, ya paling enggak ngerti perbedaan kata kerja buat ana, anti, huwa, dll. Belajarlah dikit2 yaa, soalnya di IC ntar juga ada pelajarannya 😉 Bentuknya TES TERTULIS saja kok. 4 tahun lalu sih masih multiple choice bentuknya. Mungkin sekarang masih untuk mempermudah pengkoreksian.

Tempat Seleksi
Seleksi peserta didik baru akan dilaksanakan di tempat yang ditunjuk Kantor Wilayah Kementerian Agama dengan ketentuan bahwa jumlah peserta tes di Kanwil Kemenag tersebut minimal peserta tes 30 pendaftar yang dinyatakan lulus berkas.

Seleksi yang dimaksud di sini adalah seleksi tertulis. Jadi, pesertanya ya yang udah lulus seleksi berkas. Tempatnya sebenarnya fleksibel, tergantung jumlah peserta yang lulus dari daerah itu. Kalau bisa lebih dari 30 orang, maka di daerah itu bisa diadakan spot buat tes tertulis. Kalau nggak salah, tes tahun ajaran kemarin ini diadain tes di Aceh kok. Jadi, yang rumahnya jauh-jauh, tidak usah khawatir harus dateng ke Serpong pas tes tertulisnya 🙂

Biaya Pendidikan
Bagi calon peserta didik baru yang telah dinyatakan lulus akan mendapatkan subsidi pemenuhan kebutuhan pendidikan selama belajar di MAN Insan Cendekia dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Informasi tambahan:

Pendaftaran tahun ini hanya melalui online tidak bisa diposkan. sekarang ini sistemnya masih disempurnakan dan diuji coba dulu. pendaftaran online akan dimulai tgl 1 April. caranya, kalian buat user id dan pasword dulu, kemudian mengisi formulir secara on line. setelah itu akan diminta mengupload foto jpg, raport yang sudah discan dlm jpg, sertifikat mengikuti lomba-lomba setaraf nasional atau surat rekomendasi dari kepala sekolah dan/atau surat keterangan mondok buat yang berasal dari pesantren. setelah itu selesai. formulir dan syarat-syaratnya akan diverifikasi panitia, dan kalau lolos, kalian akan diminta mengeprint kartu tes masuk IC serpong.

Beasiswa yang diberikan adalah beasiswa biaya pokok pendidikan, dan asrama. Ada kegiatan-kegiatan yang tidak lagi dicover olah DIPA kemenag yang harus dilaksanakan akan dibebankan ke orang tua. Besarnya akan ditetapkan oleh komite madrasah.

Ada baiknya pendaftaran dikoordinasikan oleh sekolah. dan surat rekomendasi sekolah hanya boleh satu buah. buat sekolah yang coba2 membuat 2 surat rekomendasi yang berbeda, akan diblacklist, dan seluruh calon peserta tes dari sekolah tersebut akan dicoret. karena hal tersebut akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Verifikasi akan dilakukan secara manual dengan bantuan komputer.

Liat serba-serbi Tes Tertulis PPDB MAN IC 2012/2013, klik di sini

Lihat Pengumuman Tes PSB IC 2012/2013!! klik di sini

Lihat Pengumuman Penerimaan Siswa Baru TA 2013/2014 klik di sini

337 Responses to “Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia Serpong 2012/2013”

  1. Anonymous 19 June 2013 at 13:17 #

    ko IT WORKS terus yahh ?? di web nyaa ..

    Like

  2. Anonymous 22 May 2013 at 19:39 #

    kakak, aku rika dari jatim , aku mau tanya u/ materi bahasa arab sm agama kira-kira babnya tntg apa yaa? ada contoh soal nggak u/ tahun kemaren? syukronn

    Like

  3. Hidayah Hariani 11 May 2013 at 19:18 #

    a’fwan akhi wa ukhti ,,
    saya mau nany’ ni ,, knapa tesst trtuliss ny ditunda tnggal 1 Juni 2013 .??’
    # ada masalh apa ya ?
    ^^ terimakasihh

    Like

  4. mia 7 May 2013 at 08:57 #

    kak..kok ssh ya mskn data-data pendaftaran? jd telat deh daftarnya !

    Like

  5. Hidayah Hariani 2 May 2013 at 11:49 #

    assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh ..
    ma’af ya kak sbelumnya ,,
    asaya mau nany’ . nama saya Hidayah , saya dri MTs N 3 Medan kak . saya sudah Lulus dalam seleksi berkass . nomr tes Saya 021221096 . kita kn tesny tertuliss ya kak ,, ,, itu yg ditess slah satuny IQ .. itu mksudny tes IQ ny gimna kak ..??’
    krna saya juga prnah tess IQ disekolah .!! apa tess IQ ny sma speti disekolah saya kak .??’
    kassii tauu ya kak ..??’
    saayaa iingggiiiiiiiiiinnn bangett bisa sekolah di MAN ICS ..
    terimaa kasihh ya kak atss info ny ,,^^
    # Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhh

    Like

  6. iqbalmancilan 29 April 2013 at 11:48 #

    mana pengumuman nya??????

    Like

  7. Atiika Ainun A 29 April 2013 at 09:44 #

    kak, kok penerimaan.insancendekia.sch.id ga bisa kebuka?
    liat yang lolos.a dmna dong kak?? 😦

    Like

Trackbacks/Pingbacks

  1. pendaftaran man | info pendidikan - 24 June 2014

    […] chaochao.wordpress.com […]

    Like

Ada komentar?