Praktek Premanisme Begitu Dekat (ternyata..)

6 Sep

Selama ini, cerita tentang preman yang suka semena-mena meminta ‘uang keamanan’ pada orang-orang yang mencari nafkah di ‘wilayahnya’ hanya saya saksikan di televisi. Baru kemarin ini saya sadar, dunia Jogja tak senyaman yang saya pikirkan.

Menurut pengakuan dari seorang supir taksi yang saya tumpangi, untuk ‘ngetem’ di luar terminal Giwangan Jogja, ternyata ada pungutan liar dari oknum tertentu. Modusnya adalah untuk iuran pembangunan kampung, biaya parkir, dan (lagi-lagi) biaya keamanan. Dan pungutannya parah. Berbeda dengan tarif di stasiun Tugu yang bisa dibilang wajar untuk biaya parkir yaitu sebesar 5.000,- / hari, di lingkar luar terminal Giwangan para supir taksi ini ditagih tiap mengangkut minimal 10.ooo,-!! Bahkan angka ini bisa mencapai 25.000 untuk sekali angkut jika lokasi yang dituju hingga luar kota. Bayangkan jika sehari dia mengangkut 9x, bisa jadi yang diserahkan pada ‘petugas keamanan desa’ mencapai 90.ooo rupiah! Dan hal ini pernah dialami oleh supir taksi yang menjadi narasumber saya.

Jadi, oknum tak bertanggung jawab ini merupakan sekelompok orang yang ‘tugas jaganya’ bergantian. Mereka suka pura-pura tidur di lapak-lapak pinggir jalan–menunggu taksi-taksi laku. Mereka tidak benar-benar tidur, tapi cuma diam mendengarkan percakapan antara supir taksi dan calon penumpang. Jadi mereka tahu tujuan taksi itu, dan bisa minta bayaran tinggi kalau lokasinya jauh.

Kata supir taksinya, mereka adalah anak buah orang Brimob. “Yaa, mau ngelawan nggih pripun. Wong yang dilawan itu aparat negara. Nggih mboten saget to?

Entahlah, ini bisa disebut pungutan liar atau tidak. Tapi kalau ditanya kampung dekat situ sudah ada pengembangan apa, toh juga tidak bisa dijawab.

Ckckck.. Saat KPK, Polri, dan instansi negara lainnya ribut dengan kasus korupsi yang besar-besar, yang sebentar heboh, sebentar lagi menghilang, orang-orang kecil tetap cuek dan melanjutkan aktivitasnya. Yaa, seperti pungutan-pungutan liar ini. Naudzubillaah…

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: