Moving Class, Hmm…

2 Aug

Aah, finally, naik juga ke kelas 3. Gilaa…!! Deg-degan juga.

Hmm.. tapi ternyata ada yang baru di IC di tahun pelajaran 2010-2011 ini.

MOVING CLASS, atau guru-guru pada nyebutnya SMBC (Subject Matter Based Classroom)–kelas berdasarkan subjek mata pelajaran.

Kesan pertama, pegeeel. kita harus naik turun, bolak balik dari satu kelas ke kelas berikutnya. Memang sih awalnya kita kerepotan. Kita harus menghapal ulang letak kelas-kelas yang baru. Terus, kita juga harus hapal apa jadwal kelas selanjutnya. Mana kita cuma dikasih kompensasi waktu 5 menit terlambat. Kalau lebih, kita harus cari guru piket buat minta surat ijin. Cckckck…

Sebenernya tujuannya bagus, agar siswa lebih bisa konsentrasi pada pelajaran. Diharapkan siswa bisa merasakan atmosfer belajar yang sesuai dengan materinya. Selain itu, menurut saya sistem ini ada bagusnya juga sih. Bisa membiasakan kita untuk praktek di kuliah mendatang. Jadi kita nggak ‘kagok’ disuruh pindah-pindah. Bahkan nggak cuma pindah kelas, pindah gedung juga bisa. Yaah, itung-itung latihan jadi mahasiswa lah. Nggak nyampe setaon lagi. Hahai~

Tapi…

Mungkin gara-gara masih baru kali ya, jadi belom mateng-mateng amat sistem KBM ini, masih banyak ada yang perlu ditambal sana sini. Misalnya aja kedatangan guru. Seharusnya, siswa tak perlu mencari lagi guru yang mengajar. Sebab kelas itu adalah milik sang guru, jadi semacam kantor pribadilah. Tapi apa yang terjadi? Beberapa guru meninggalkan kelas, sehingga siswa harus menunggu beberapa saat hingga guru datang. Sampai-sampai ada temen saya yang nyeletuk, “Yah, ini sih sama aja. Ogah banget deh, udah capek-capek didatengin kelasnya, masa ujung-ujungnya kita harus nyari juga gurunya!!

Itu yang pertama. Tentu saja, sistem ini berimbas pula pada keuangan. Sekolah harus mengeluarkan dana ekstra untuk mewujudkan kelas impian yang sesuai dengan desain yang dirasa pas bagi masing-masing guru. Sampai-sampai, beberapa guru meminta tolong muridnya untuk membayangkan desain kelas yang bagaimana yang cocok. Diutarakan pula, kalau meja-kursi yang sudah ada sekarang, bakal disumbangin ke sekolah-sekolah lain. Bagus sih. Desain tiap kelas jadi beda. Bisa lesehan, bisa pake kursi, bisa ada raknya sendiri, dll. Tapi, bisa jadi ketika kita sudah merasa nyaman berada di suatu kelas, kita harus pindah. Dan kita harus membangun kembali konsentrasi kita untuk pelajaran selanjutnya. Agak kurang nyaman. Beda dengan kelas tetap, di mana kita bisa merasa itu kelas kita sendiri.

Intinya, sistem SMBC ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Aku masih belom bisa bilang sistem ini bagus atau nggak. Soalnya kelas ini baru berjalan kurang lebih 3 minggu. Minggu tes blok 1 juga baru mulai minggu ini. Jadi efeknya belum terlalu kelihatan, baik efek buat murid maupun buat gurunya.

Yak.. Jadi kayaknya harus aku tunggu dulu, mungkin sampai libur habis lebaran, baru deh aku bisa komentar sebenernya SMBC ini efektif nggak? Ato malah jangan-jangan cuma buang-buang uang dan tenaga doang? Soalnya, denger-denger sistem ini dipraktekkin buat bikin standar IC tuh bener-bener sekolah internasional, bukan cuma di kop doang.

2 Responses to “Moving Class, Hmm…”

  1. tami 3 September 2010 at 12:43 #

    wah, sekarang pake sistem moving class ya??
    hehehe, seru gak tuh pindah-pindah,, (sepertinya seru y)
    semangat ya, udah kelas tiga.. kerjaannya belajar belajar belajarπŸ™‚
    nikmati masa2 terakhir di ic,
    aku masih IC sick nihπŸ˜₯

    Like

    • nirmalafauzia 5 September 2010 at 15:37 #

      seru sih. tapi lebih ke pegel nya.. hehe..
      wah, istilah baru tuh kak, “IC-sick”. baru denger. boleh.. boleh..
      hahaha, kak tami ada-ada aja..

      Like

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: