Making Yummy Ice Cream _^

2 Jul

Hmm.. enaknyo biso bikin aise kerimo sendirio..

hahaha… kemarin tiba-tiba aku pengen nyobain resep yang udah aku dapet di sekolah. Aku pun buka-buka kulkas, kali aja ada yang bisa dimanfaatkan. Eeeh.. tau-tau ibuku nawarin buat ikutan belanja. Ya udah deh. Aku pun meluncur di jalanan. Ini nih bahan yang aku dapet:

  • 3 kotak susu coklat siap minum @200 ml
  • 3 butir telur–tapi ntar diambil kuningnya doang
  • 1 kg garam yang kuaaasssaaaar dan besar-besssaaaarrr, pokoknya yang jelek aja deh.

Nah, untungnya di rumahku udah ada beberapa bahan yang aku butuhinnya emang cuma sedikit, kayak:

  • 2 sendok teh tepung maizena
  • vanili secukupnya
  • garam–untuk penguat rasa, tapi yang ini garam dapur yang bener
  • 200 gr gula pasir–kurang ato lebih boleh kok, tergantung selera
  • 400 ml santan

Resep ini buat bikin es krim 1 L

Hmm.. awalnya sih bisa dimulai dengan memisahkan kuning telur dari putihnya. Hati-hati. hahaha. untuk pemula, ntar bisa pecah tuh kuningnya.. Inget, kuning telur ini masukinnya belakangan. Kalo kemarin sih aku ‘nggak sengaja’ masukin telurnya ke santan yang mau diblender. hadoh, salah itu.

Nah, santannya trus direbus–tapi gara-gara telurnya udah aku masukin duluan, jadi bergumpal-gumpal tuh telur–aduk-aduk terus. Tambahin gula, sama vanili. Oya, garamnya juga. Ditunggu sampai mendidih. Baru masukin tepung maizenanya, biar nggak ngegumpal.

Selanjutnya, campurkan sama susu. Sebenernya, enakan pake susu yang plain. Jadi, bisa dikasih rasa lain. Bisa kok ditambahin kopi, atau essence blueberry misalnya. Kalau mau rasa vanilla, banyakin aja vanilinya. Trus, cobain dikit. Udah pas ato belum.

Masukin adonan es krim ini ke dalam plastik es/santan. Kalo bisa ukuran 1 L aja. tapi jangan digembungin. Semua udara harus keluar, soalnya nanti kalo dikocok, bisa pecah plastiknya. Makin datar, makin cepet dinginnya.

Jreeeng… tiba saatnya di tahap yang paling menegangkan!

Hehehe, kalau di resep yang biasa, adonan es krim yang udah jadi harus dimasukin ke refrigerator.Β  Terus kalau sudah beku, kita haluskan lagi, dan masukkan lagi. Begitu terus hingga 3-4 kaliΒ  untuk mendapatkan es krim yang lembut.

Nah, bedanya, kalau kemarin itu aku praktekkan ilmu kimia waktu semester 2 kemarin ini. Jadi, kita siapin toples gede.

Masukin es batu yang udah dipecah, tapi jangan halus-halus, segede kepalan tangan bayi deh. Siap-siap, taburkan garam–yang jelek aja–dalam jumlah Β banyak, langsung aduk dan dengan segera masukkan adonan es krim dalam plastiknya.

Tutup toples, dan langsung kocok. Digerakin aja atas-bawah, kanan-kiri. Dan tadaaa….!!! Lihat, ada bunga es yang terbentuk di permukaan luar toples!!

Mengapa? Karena garam memiliki titik beku di bawah 0 derajat. Waktu dicampur, es pun melarutkan garam, dan esnya jadi ikutan turun derajat titik bekunya. Cobain aja pegang bagian luar toples pasti dingiiiin banget. Inget ya, tapi terus digoncang-goncang. Biar semakin halus es krimnya–kristal es yang kebentuk nggak gede-gede amat kayak es batu. Juga biar adonan es krimnya tercampur rata dengan udara. Biar ada sensasi berbusanya gitu.

Fungsi Kuning Telur

Oya, waktu itu ibuku tanya. Emang kenapa harus kuning telur?? Putihnya kok nggak diikutin?? Kayaknya pertanyaan ini simpel banget. Tapi justru penting. Krim itu mengandung lemak yang diselubungi protein. Sewaktu dikocok, bisa-bisa selubungnya pecah, dan bikin lemaknya menyatu. Bisa-bisa kepisah deh tu lapisan lemak ama airnya.

Nah, karena itu dibutuhkan EMULSIFIER. Salah satunya Lecitin, yang ada di kuning telur. Gunanya emulsifier itu buat menyatukan lemak dan air. Biar bisa jadi KOLOID, bukan suspensi–hha, keluar lagi nih pelajarannya Pak Deni..

Begitulah ceritanya.

Oke, selamat mencoba membuat es krim sambil belajar..!!

2 Responses to “Making Yummy Ice Cream _^”

  1. Johnny 11 January 2014 at 03:21 #

    thank you resep es krim nya, bisa jadi alternatif camilan selaen Mc Flurry Balckforest ini nih http://goo.gl/UXuJcn

    Like

  2. alphin23 7 July 2010 at 23:58 #

    emang yang punya kamu sukses ma? kakaka….

    Like

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: