The Differences

25 Jun

Waaah, liburan ini seneng banget deh. Tadi siang, aku diajakin pergi sama TEMEN SDku! Udah lama banget nggak ketemu sama temen SD, eh akhirnya kesampaian juga. Yaah, walaupun akhirnya cuma bertiga doang–aku, fitri, ama dayu–kita nonton deh di rumah Dayu.

Nah, ini nih. Film yang kita tonton emang sih udah jadul. Judulnya SHE’S THE MAN.

Tau kan? Yang ada cewek kembaran ama cowok. Kakak cowoknya lagi ke London, trus si cewek ini–namanya Viola–karena ngebet banget pengen maen sepak bola, dia nekat nyamar jadi kakaknya, Sebastian, buat sekolah di Illyra. Kebetulan emang Sebastian belom pernah masuk sekolah itu, anak baru.

everybody has secret..Β Duke wants Olivia__who likes Sebastian who is really Viola__whose brother is dating Monique__so she hates Olivia__who’s with Duke__to make Sebastian jealous who is really Viola__who’s crushing on Duke __who thinks she’s a guy…

Yah, pokoknya inti ceritanya kalimat puanjaang di atas gitulah.

Film ini bagus juga buat refreshing pikiran. Kocak abis deh. Selain itu, tampang si Channing Tatum lumayan juga buat diliatin–hahai~. Eh, si Amanda Bynes tuh cakep juga ya. Mau jadi cewek, cantik. Kalo jadi cowok, imut-imut, kayak si Bieber itu. Aaaa….

Nah, tapi selama film itu berlangsung, aku ama temenku ngedapetin poin-poin perbedaan kultur yang udah jadi hal lumrah di Barat sono, tapi nggak banget deh kalo ada di Indonesia.

Pertama, waktu dimulai filmnya aja udah keliatan. Mereka main voli pantai cuma pake bikini ama hotpants. Trus, dengan enaknya ada pasangan yang ciuman hot abis di pantai. Jangan sampe deh, di Indonesia ada yang kayak gitu. Nggak pantes aja gitu di depan orang banyak. Nggak cocok sama adat ke-timur-an kita.

Kedua, ayah-ibu Viola udah cerai dan hidup beda rumah. Di Barat sering banget orang cerai, dan anaknya kayak dilempar-lempar. Minggu ini nginep di rumah ayah, liburan depan di rumah ibu. Lah, nggak enak banget dah. Salah satu akibatnya kan anaknya jadi nggak diperhatiin. Liat aja si Sebastian ampe bisa pergi ke London 2 minggu tanpa orang tuanya tahu. Untungnya di Indonesia–setahu aku–nggak separah itu. Anak-anak nggak dilepas bebas begitu aja.

Ketiga, Sebastian palsu bisa sampe nginep di kamar Eunice. Padahal mereka berasrama di lingkungan sekolah. Kayaknya di Indonesia nggak bakal ada boarding school yang ngebolehin cowok masuk asrama cewek ato sebaliknya, apalagi sampai bermalam segala.

Keempat, Viola dengan terus terang mengungkapkan rasa tidak sukanya pada sistem sekolah yang menghapus klub bola putri. Meski dibantah habis-habisan oleh pelatihnya, Viola tetap berpikir jernih–nggak juga sih, dia aja sampai mikir gimana caranya biar bisa main di klub cowok! Ini yang aku suka. Coba kalo di Indonesia, mana berani orang kita ngomong langsung ke atasan. Adanya juga ngomongin orang di belakang. Trus bikin gosip yang makin lama makin nggak bener. Apalagi kalo sampai dipermalukan di depan umum, kayaknya 80% bakal nangis deh.

Kelima, ciuman ‘brutal’ yang nggak peduli tempat. Yah, kalo yang ini sih emang udah jadi rahasia umum kali ya. Setiap film Hollywood bisa dipastikan lebih dari 95%nya memiliki adegan ini. Orang sono emang liberal abis sih yak. Jadi mereka bebas-bebas aja mau ngapain aja.

Yah, begitulah analisanya. Sebenernya masih ada banyak, tapi tampaknya kalian bisa menentukannya sendiri setelah menonton film ini. Yang jelas, nggak usah deh ikut-ikutan gaya hidup orang Barat. Kita orang Indonesia, kita hidup di Indonesia, kita besar dengan nilai-nilai Indonesia. Nggak usahlah kita merasa keren kalo kita bisa meniru apa yang mereka biasa lakukan. Karena memang itu bukan adat kita. Yaah, kalo yang bagus ya bolehlah ditiru, kayak keberanian mereka mengutarakan pendapat. Tapi, yang jelek ya jangan, misalnya menyampaikan ide sama orang tua tapi pake bahasa gue-elo–kasarnya..

Tul nggak??

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: