cara ampuh ngilangin PEDES

23 Jun

Bwoooosh…!! Hah, bagi orang-orang seperti saya, yang memiliki papilla-super-sensitif-terhadap-rasa pedas-hingga-pahit-menyengat-lidah, cabai terasa bagai the biggest rival in the whole universe. Kadang aku bingung sama orang-orang yang begitu freaknya ama cabe, yang kalo nggak pedes nggak berasa makannya. Apa enaknya sih makan makanan pedes? Udah bikin keringetan, ngos-ngosan, muka merah–loh, kok kayak habis dikejar herder??–perut mules, lidah kayak terbakar, apa lagi ya..? banyak deh. Dan kebanyakan, itu pengalaman yang sangat tidak enak–hahaha, trauma masa lalu.

Hmm.. Banyak orang bilang kalau habis makan pedes, biar cepet ilang rasa pedesnya kita harus minum air panas, bukan air dingin.

Nah, menurut aku, sebenernya mau air panas kek, air dingin kek, efeknya sama aja. Sebenernya setelah kita minum kedua jenis minuman itu pedesnya tetep aja taraf pedesnya. Kok bisa?

Kalo kita minum air panas, lidah kita langsung terbakar. Rasa pedasnya semakin menjadi-jadi. Waktu efek air panas itu ilang, lidah kita kembali lagi ngerasain pedesnya cabe tadi. Nah, mungkin di sinilah yang dikatain orang-orang pedesnya ilang. Sebenernya nggak ilang, cuma gara-gara kita habis ngerasain pedes yang lebih, begitu kita balik lagi ke ‘posisi’ awal, jadi pedesnya terasa mendingan. Padahal sama aja.

Kebalikan dari yang tadi, kalo kita minum air dingin. Lidah kita jadi relaks sementara. Adem. Waktu air dinginnya udah ketelen, pedesnya balik lagi. Levelnya sama, tapi karena kita habis santai, pas balik lagi ke keadaan pedes semula, pedesnya jadi terasa lebih. Padahal sama aja.

Rasa pedes dari cabe, itu disebabin sama zat Capsaicin

Justru SALAH BESAR kalo kita berniat menghilangkan rasa pedas cabai menggunakan air. Salah. Capsaicin itu zat hidrofob–tidak larut dalam air. Jadi sia-sia aja usaha kita ngilangin pedes pake air. Yang ada malah nyebar ke seluruh bagian mulut rasa pedesnya. Bisa sih bisa-bisa aja. Cumanya lama.

Nih, tipsnya. Enakan kalo kita makan sesuatu yang berminyak. Kerupuk misalnya. Minyak yang ada di kerupuk itu begitu masuk ke mulut yang kepedesan, bakal langsung berikatan dengan capsaicin. Kalo kita telen kerupuknya, pedesnya ikutan ketelen. Ilang deh jadinya.

Nggak percaya? Coba aja..

5 Responses to “cara ampuh ngilangin PEDES”

  1. imelda deag 24 July 2011 at 15:32 #

    humh…. mkasii atas informasinya…
    tak jadiin referensi laa untuk di posting d blogπŸ™‚

    Like

  2. RozaqGreatherThanYoSurya 25 June 2010 at 08:58 #

    Pedes gak usah, diilangin itu kenimatan

    Like

  3. sempulur 23 June 2010 at 14:12 #

    oooo. begitu….Nah untuk yang suka sambel bisa dicoba nih..

    Like

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pedas..???? Atasi dengan ini « eskampiun - 3 September 2011

    […] 1. Air Panas Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, pedas dapat diatasi dengan meminum AIR PANAS. Kenapa? Kalo kita minum air panas, lidah kita langsung terbakar. Rasa pedasnya semakin menjadi-jadi. Waktu efek air panas itu ilang, lidah kita kembali lagi ngerasain pedesnya cabe tadi. Nah, mungkin di sinilah yang dikatain orang-orang pedesnya ilang. Sebenernya nggak ilang, cuma gara-gara kita habis ngerasain pedes yang lebih, begitu kita balik lagi ke β€˜posisi’ awal, jadi pedesnya terasa mendingan. Padahal sama aja ………. Justru SALAH BESAR kalo kita berniat menghilangkan rasa pedas cabai menggunakan air. Salah. Capsaicin itu zat hidrofob–tidak larut dalam air. Jadi sia-sia aja usaha kita ngilangin pedes pake air. Yang ada malah nyebar ke seluruh bagian mulut rasa pedesnya. Bisa sih bisa-bisa aja. Cumanya lama. [chaochao.wordpress.com] […]

    Like

  2. Hilangkan Pedas Dengan Ini « eskampiun - 24 July 2011

    […] 1. Air Panas Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, pedas dapat diatasi dengan meminum AIR PANAS. Kenapa? Kalo kita minum air panas, lidah kita langsung terbakar. Rasa pedasnya semakin menjadi-jadi. Waktu efek air panas itu ilang, lidah kita kembali lagi ngerasain pedesnya cabe tadi. Nah, mungkin di sinilah yang dikatain orang-orang pedesnya ilang. Sebenernya nggak ilang, cuma gara-gara kita habis ngerasain pedes yang lebih, begitu kita balik lagi ke β€˜posisi’ awal, jadi pedesnya terasa mendingan. Padahal sama aja ………. Justru SALAH BESAR kalo kita berniat menghilangkan rasa pedas cabai menggunakan air. Salah. Capsaicin itu zat hidrofob–tidak larut dalam air. Jadi sia-sia aja usaha kita ngilangin pedes pake air. Yang ada malah nyebar ke seluruh bagian mulut rasa pedesnya. Bisa sih bisa-bisa aja. Cumanya lama. [dikutip dari chaochao.wordpress.com] […]

    Like

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: