Indonesia dalam bayangan

14 Apr

Yah, pemilu pertama untuk tahun 2009 ini baru saja dilangsungkan tanggal 9 April kemarin… Wah, asyik ya yang udah bisa nyoblos eh nyontreng tahun ini, aku sih masih harus nunggu 5 tahun lagi untuk bisa berpartisipasi dalam ‘pesta demokrasi’ besar-besaran ini…

Tampaknya, pemilu tahun ini sangat berarti bagi perkembangan Indonesia selanjutnya. Indonesia sekarang sudah ada di ujung tanduk. Tapi entah mengapa kok aku rada ragu aja sama presiden yang nantinya bakal kepilih. Habis, kalau dilihat dari kampanye partai-partai yang kemarin itu, kok sepertinya tidak ada yang benar-benar berkompeten untuk menjadi presiden.

Memang sih, tidak ada orang yang bisa sempurna. Tapi, tuh janji-janji yang mereka buat, yang mereka umbar itu udah basi. Dari dulu modelnya ya seperti itu-itu saja. Sewaktu kampanye, ngomongnya mau ini, mau itu, mau bikin ini, mau ngediriin itu, mau ngehapus ini, mau bikin undang-undang itu, mau, mau, mau, mau, mau, mau aja terus. Mana bukti konkretnya??

Terus terang aku bingung… kenapa banyak orang yang terlalu lebai — berlebihan– kalau ngasih dukungan ke salah satu partai politik. Memangnya apa sih untungnya?? Dapet kaos? Bisa ikut pawai naik motor keliling kota? Apa??

Rugi. Cuma itu satu kata yang bisa ngegambarin keuntungan yang diperoleh sama orang-orang yang ampe segitunya ndukung kampanye nggak berguna itu. Capek, iya. Keringetan, banget. Sakit, mungkin. Suara serak, jelas. Kemungkinan kecelakaan, gede. Apa coba enaknya??

Dari pada ikutan kampanye nggak jelas kaya gitu kan ya mending kerja aja. Kan sama-sama capeknya, tapi dapet duit. Nggak cuma dapet kesenangan sesaat doang. Ayolah, kawan.. berpikir maju.

Emang bener kata salah satu guruku, kampanye di Indonesia itu kampanye buat orang-orang bodoh. Coba deh liat di Amerika, emangnya ada apa yang kampanye pake nggelar panggung di alun-alun terus ngundang penyanyi dangdut yang parah banget? Nggak ada.

Pokoknya besok kalau udah giliran kita yang mimpin Indonesia, kita harus lebih baik dari sekarang. Gimana caranya?? Ya, mulailah belajar sesuai dengan minat kita masing-masing. Dalemin tuh bidang bener-bener. Trus, hilangkan budaya-budaya warisan Indonesia yang nggak bener, kaya’ tukang ngaret, trus nggak jujur, penakut, korupsi, dan masih banyak lagi yang lain, yang aku yakin kalian juga bisa nerusin sendiri daftarnya.

Indonesia pasti bisa untuk tidak terpuruk lagi.

Hidup INDONESIA!!!

Chao…

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: