Belanda, Sebuah Negeri Bertanah Rendah

5 Apr

Negeri Kincir Angin dan Negeri Bunga Tulip

Fakta bahwa posisi tanah di Belanda berada di bawah permukaan laut mungkin sudah banyak diketahui orang. Namun mungkin hanya sedikit yang tahu kalau keadaan tersebut sudah terpampang jelas dalam nama negara Belanda sendiri. Kata Netherlands dalam bahasa Inggris, atau Nederland dalam bahasa Belanda, memiliki arti “negeri tanah rendah”1. Faktanya memang sekitar seperempat daratan Belanda berada di bawah permukaan laut, sementara hampir separuhnya hanya berada 1 meter di atas permukaan laut. Bahkan titik tertingginya pun hanya 1,053 kaki atau sekitar 321 mdpl2. Sangat berbeda dari Indonesia dengan puncak-puncak gunungnya, ya?

Posisi tanah yang rendah ini bisa dikatakan berbahaya. Sama dengan masalah yang dihadapi Jakarta, tingkat hujan yang tinggi dapat menyebabkan daerah yang rendah kebanjiran. Hal ini disebabkan oleh air yang tidak bisa mengalir ke lautan yang posisinya lebih tinggi. Belanda berulangkali mendapat pukulan telak akibat banjir ini. Tak hanya kerusakan bangunan saja, tapi banjir di sana bahkan dapat menelan ribuan korban jiwa. Sebut saja banjir St. Elizabeth pada tahun 1421 yang menyebabkan lebih dari 10.000 orang di wilayah Zuiderzee (atau yang sekarang disebut Ijsselmeer) tewas3. Di tahun 1953 banjir North Sea juga terjadi di wilayah barat daya Belanda yang menyebabkan kematian 1.853 penduduk dalam satu malam4.

Bagi negara dengan luas 41.865 km2 atau hanya sekitar 5 kali wilayah Jakarta tersebut, masalah tanah seperti ini harus dipecahkan. Apalagi dengan keadaan pemanasan global yang semakin parah, tinggi permukaan laut pun turut bertambah tiap tahun. Singkat kata, Belanda terancam tenggelam jika lahan mereka didiamkan saja. Selama lebih dari satu abad, Continue reading

[BARU] Biaya Sekolah MAN Insan Cendekia TA 2015/2016

5 Apr
Mohon maaf yaa ternyata banyak sekali yang meninggalkan komen dan bertanya tentang kapan pendaftaran MAN Insan Cendekia untuk tahun pelajaran 2015/2016 dibuka. Sayangnya terlalu banyak pekerjaan yang harus aku selesaikan tahun ini, sampai-sampai aku lupa untuk berbagi info soal ini. Sebenarnya semua bisa diakses langsung dari webnya di ic.sch.id. Semua info yang aku tulis di sini juga biasanya bersumber dari sana kok :)
.
Nah, selain pertanyaan tentang timeline pendaftaran masuk IC, rupanya banyak juga yang bertanya soal biaya sekolah di Insan Cendekia sekarang… Bahkan ada beberapa yang langsung kontak via email atau twitter. It’s okay kok aku malah seneng kalo ada yang aktif nanya langsung gitu.
.
Setelah bertanya ke sana kemari, akhirnya aku dapat jawaban. Jadi sekarang kan IC udah nggak 100% beasiswa, cuma biaya SPP akademik aja yang ditanggung pemerintah. Sementara biaya makan, seragam, asrama dan lainnya itu ditanggung siswa sendiri…
.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Nah ternyata saat ini Depag mulai membangun beberapa sekolah MAN IC di beberapa daerah yang total jumlahnya ada 6. Jadi kayak semacam anggarannya dipotong gitu lho biar muat dibagi ke IC lainnya. MAN Insan Cendekia pun sekarang berjumlah 9 sekolah. Oleh karena itu, pendaftar boleh memilih 2 sekolah dengan syarat salah satu IC yang dipilih berada di daerah yang sama dengan sekolah asalnya.

.
Nah, untuk tahun ajaran baru 2015/2016 besok tiap siswa sekarang dikenakan biaya per bulannya sekitar 1,5 juta. Mahal yah.. Tapi entah bagaimana sistem pembayarannya apakah per bulan atau per tahun atau langsung per 3 tahun langsung di awal.
.
Info ini aku dapat dari teman yang masih sering silaturahim dengan guru di MAN ICS. Kalau mau ada yang ditanyakan, mungkin bisa langsung hubungi ke IC Serpong di 021-7563576 yaa. Biar bumi nggak gonjang-ganjing ;)
.
Yaah semoga saja pendidikan dengan basis iman dan iptek bisa terus berkembang yaa. Insan Cendekia tetaplah jaya!

Lopis #KulinerLombok

14 Aug

image

Made with #Pixlr # – http://pixlr.com/mobile

Yap! Kuliner adalah satu hal seru yang paling dicari ketika kita berkunjung ke satu tempat baru.

Begitu juga dengan perjalanan KKN di Lombok kali ini~ Selain bermain-main ke berbagai tempat wisata, kita juga mencicipi banyak kuliner khas Lombok.

Mungkin beberapa posting ke depan nih isinya bakal makanan. Nyahahahaha

#KulinerLombok pertama kita adalah lopis! Gambarnya kayak yang di atas tuh. Kalau lopis di Jawa itu bentuknya mirip lontong, kalau di Lombok lopisnya terbuat dari adonan tepung (mungkin tepung beras, mungkin~) yang berwarna hijau. Di atas lopis, ditaburi parutan kelapa plus gula jawa yang sudah dicairkan. Semakin banyak gula jawanya, semakin lezat :9

Betewe gula jawanya beda loh rasanya sama di Jawa. Gula nira, lebih tepatnya. Perpaduan rasa manis gula nira dengan adonan lopis hijau yang gurih menghasilkan sensasi rasa yang mantap! Harus coba jajanan pasar yang satu ini nih :)

Hello Lombok!

17 Jul

image

Owyeah!
This is how you should enjoy your KKN!

image

Say, Sandiiiik!

– NTB 05 Desa Sandik, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat –

Kapal Laut!

11 Jul

image

image

image

image

First time ever, naik kapal laut. Haha
Parah sih, udah jalan-jalan ke negara orang, wilayah sendiri malah belom pernah dijelahahi. Belum pernah seumur hidup aku melangkahkan kaki di pulau lain. Hihi
Untungnya ini KKN ke Lombok~
Lumayanlah, semoga perjalanan ini bisa jadi pemantik perjalananku selanjutnya keliling Indonesia. Amin!

Check this picture

8 Jul

https://pbs.twimg.com/media/BmZiRnYCYAAB3Kv.jpg:medium
From this tweet:
Being a success in any profession starts with you, yes YOU ! pic.twitter.com/grHb8p6Rk5

Status

Honey Honey!

6 Jul

image

Sumfe, ini madu ajiiiiib bingit :9
Minta dicemilin seharian ngga bosen-bosen~

*kemudian ingat baru puasa* *nyegel tutup* *sembunyiin di kulkas*

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 78 other followers

%d bloggers like this: