Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia Serpong 2013/2014

3 Feb

Untuk Informasi Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia terbaru TA 2014/2015 klik dan cek di sini!

Akhirnya keluar juga pengumuman penerimaan siswa baru untuk tahun ajaran 2013/2014 dari web MAN Insan Cendekia~
Ayoo ayoo yang udah nunggu dari kemarin, silakan dibaca yaa. Kalau mau lebih jelas lagi, boleh kok langsung cek web khusus pendaftaran siswa baru IC langsung di penerimaan.insancendekia.sch.id atau langsung ke web IC (ic.sch.id).
Persiapkan baik-baik yaa semua dokumen yang diminta untuk seleksi berkasnya. Pendaftaran baru dimulai tanggal 18 Maret, jadi untuk buat akun juga baru bisa dimulai tanggal 18 Maret. Baca juga bagaimana caranya daftar langsung dari webnya (klik di sini untuk baca cara membuat akun). Untuk informasi, sudah beberapa tahun terakhir ini, penerimaan siswa baru MAN IC telah menggunakan sistem online, tidak lewat pos. Jadi kalian harus bikin akun dulu dan seterusnya. Baca hati-hati yaa petunjuknyaa. Semangaaat :)

Jadwal Kegiatan PPDB

Sosialisasi dan publikasi: 28 Januari – 30 Maret 2013
Proses pendaftaran: 18 Maret – 8 April 2013
Seleksi berkas: 19 Maret – 22 April 2013
Pengumuman peserta tes tulis: 29 April 2013
Pelaksanaan tes tulis: 11 Mei 2012
Pengumuman kelulusan: 4 Juni 2013
Daftar ulang: 10 – 22 Juni 2013
Awal masuk madrasah: 8 Juli 2013 (tentatif)

Syarat Pendaftaran

Penerimaan Peserta Didik Baru dilakukan secara transparan, terukur, dan dapat dipertanggung jawabkan. Syarat mengikuti pendaftaran peserta didik baru sebagai berikut:

  1. Pendaftar adalah peserta didik aktif di kelas IX MTs/SMP pada TP 2012/2013.
  2. Usia pendaftar maksimal 17 tahun per 1 Juli 2013.
  3. Pada kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan: Madrasah/sekolah yang mempunyai rombongan belajar kelas IX sebanyak:
      a. 1-3 kelas, berhak mengirim maksimal 3 orang peserta
      b. 4-5 kelas, berhak mengirim maksimal 5 orang peserta
      c. > 5 kelas, berhak mengirim maksimal 7 orang peserta
  4. Khusus pendaftar yg memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional dan internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek, dapat diberikan rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar batasan poin 3 di atas.

Keterangan: rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2012/2013 termasuk di dalamnya kelas regular, kelas unggulan, kelas internasional, kelas bilingual, dan kelas akselerasi

Dokumen Pendaftaran

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia 2013/2014 dapat dilakukan dengan pendaftaran secara online. Berkas yang diperlukan saat pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Foto 3 x 4 berwarna dalam bentuk file JPEG
  2. Surat rekomendasi kepala madrasah/sekolah untuk peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini) >> ini buat surat rekomendasi dari sekolah buat anak yg dianggap pantas oleh sekolah untuk mengikuti seleksi. Akan lebih besar peluang untuk diterima jika anak yang mendaftar memiliki ranking paralel bagus.
  3. Surat rekomendasi kepala madrasah/sekolah untuk peserta didik berprestasi dalam bentuk fileJPEG (dapat diunduh di sini) >> khusus untuk anak yg memiliki prestasi di bidang sains seperti yang telah disebutkan di syarat pendaftaran poin 4 >> sifatnya tidak wajib
  4. 1 buah sertifikat pendukung keikutsertaan lomba bagi siswa berprestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional atau internasional, seperti ikut serta OSN, LKIR, penelitian yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, LIPI, BPPT, Kemenristek dalam bentuk file JPEG (Khusus untuk pendaftar nomor 3 >> yang masuk lewat jalur khusus olimpiade. Jadi sifatnya juga tidak wajib)
  5. Surat keterangan tinggal/menginap di pondok pesantren bagi siswa yang berasal dari SMP/MTs pondok pesantren dalam bentuk file JPEG (dapat diunduh di sini)
  6. Satu halaman rapor semester 1 kelas IX yang dilegalisasi kepala madrasah dalam bentuk file JPEG
  7. Akte Kelahiran dalam bentuk file JPEG

Untuk temen-temen yang belum tahu bentuk file JPEG itu bagaimana, jadi nanti dokumen yang sudah disiapkan di-scan dulu. Biasanya ada beberapa warnet / rental komputer / tempat fotokopi yang menyediakan jasa scan. Nah, hasil scan inilah yang nantinya di-upload lewat akun yang sudah dibuat.

Materi Tes

Tes tertulis ini diikuti oleh orang yang telah lolos seleksi administrasi / seleksi berkas. Siapa saja orangnya? Tunggu sampai tanggal 29 April yaa.

Materi seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Serpong dan MAN Insan Cendekia Gorontalo meliputi Tes Potensi Belajar (TPB) –sejenis tes IQ– dan tes akademis untuk mata pelajaran: Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab –levelnya masih pelajaran SMP, tapi kualitas soal tentunya lebih berat dibanding UN. Untuk bahasa Arab, materinya masih simpel banget kok. Buat anak SMP Negeri, ya paling enggak ngerti perbedaan kata kerja buat ana, anti, huwa, dll. Belajarlah dikit2 yaa, soalnya di IC ntar juga ada pelajarannya ;) Bentuknya TES TERTULIS saja kok. 4 tahun lalu sih masih multiple choice bentuknya. Mungkin sekarang masih untuk mempermudah pengkoreksian.

Tempat Seleksi

Seleksi peserta didik baru akan dilaksanakan di tempat yang ditunjuk Kantor Wilayah Kementerian Agama tiap provinsi di setiap provinsi dengan ketentuan bahwa jumlah peserta tes di Kanwil Kemenag tersebut minimal peserta tes 30 pendaftar yang dinyatakan lulus berkas.

Biaya Pendidikan

Bagi calon peserta didik baru yang telah dinyatakan lulus akan mendapatkan subsidi pemenuhan kebutuhan pendidikan selama belajar di MAN Insan Cendekia dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

 

Informasi tambahan:

Pendaftaran tahun ini hanya melalui online tidak bisa diposkan. Caranya, kalian buat user id (akun) dan password dulu, kemudian mengisi formulir secara on line. Setelah itu akan diminta mengupload foto jpg, raport yang sudah discan dlm jpg, sertifikat mengikuti lomba-lomba setaraf nasional atau surat rekomendasi dari kepala sekolah dan/atau surat keterangan mondok buat yang berasal dari pesantren. Setelah itu selesai, formulir dan syarat-syaratnya akan diverifikasi panitia, dan kalau lolos, kalian akan diminta mengeprint kartu tes masuk MAN Insan Cendekia. Baca lebih lanjut cara mendaftar dan membuat akun di sini. Jangan panik kalau belum bisa bikin akun, soalnya pendaftaran baru dibuka setelah tanggal 18 Maret :)

Beasiswa yang diberikan adalah beasiswa biaya pokok pendidikan, dan asrama. Ada kegiatan-kegiatan yang tidak lagi dicover olah DIPA kemenag yang harus dilaksanakan akan dibebankan ke orang tua. Besarnya akan ditetapkan oleh komite madrasah.

Ada baiknya pendaftaran dikoordinasikan oleh sekolah. Dan surat rekomendasi sekolah hanya boleh satu buah. Untuk sekolah yang coba2 membuat 2 surat rekomendasi yang berbeda, akan diblacklist, dan seluruh calon peserta tes dari sekolah tersebut akan dicoret. Karena hal tersebut akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Verifikasi akan dilakukan secara manual dengan bantuan komputer. Jadi, kalau dalam satu sekolah ada lebih dari satu siswa yang mau mendaftar ke IC, sertakan semua nama orang yg mau mendaftar dalam satu surat rekomendasi; bukan satu surat untuk satu nama.

Berikut ini adalah kontak pihak penyelenggara penerimaan siswa baru MAN Insan Cendekia 2013/2014 yang bisa dihubungi:

Kementerian Agama Republik Indonesia
Direktorat Pendidikan Madrasah
Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4, Jakarta Pusat
Telp. 021-3520951

MAN Insan Cendekia Serpong
Jl. Cendekia, BSD Sektor XI, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
Telp. 021-7563578
Faks. 021-7563582
Email: penerimaan@ic.sch.id

MAN Insan Cendekia Gorontalo
Jl. Tapa – Suwawa, Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo 96183
Telp. 0435-823692
Faks. 0435-822091
Email: penerimaan@icg.sch.id

About these ads

424 Tanggapan to “Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia Serpong 2013/2014”

  1. Ma'rifatul Hidayah 21 April 2014 pada 15:36 #

    Lokasi tes tulis ditentukan dari alamat sekolah atau dari domisili siswa? Mohon jawabannya

    • nirmalafauzia 21 April 2014 pada 16:47 #

      kalau dulu pas saya daftar itu ada pilihannya kita mau tes di mana. kurang tau juga kalau yg sekarang bagaimana.. kemungkinan besar ditentukan dari domisili siswa.

  2. ullye 19 April 2014 pada 22:40 #

    hach bagues exg tphi syang pendaftaran ya udah tutup???

  3. anisa 19 April 2014 pada 22:30 #

    bagues banget,,,,,

  4. Saya Ingin ikut Tes 18 April 2014 pada 15:31 #

    Cara pendaftaran nya gimana ya Pak . Dan Tanggal tesnya Kapan Ya ..

  5. ilma nurul (@ilmanurul_f) 17 April 2014 pada 21:24 #

    assalamualaikum .. mau nanya, kalau surat rekomendasinya terlanjur masing” tiap orang padhal dari satu sekolah gimana ?

  6. Anonymous 31 Maret 2014 pada 15:05 #

    aaaa pengenn

  7. dydier... 29 Maret 2014 pada 15:10 #

    em…pengen sich kesana tapi….i am afraid

  8. bieb 28 Maret 2014 pada 17:57 #

    mau masukin data nya kan harus dibawah 500kb gimana cara ngurangin ukuran nya ya? misal nya dari 700kb ke 500kb. makasih

  9. jundi 18 Maret 2014 pada 20:36 #

    assalamualaikum ..
    sy mau tanya .. standar nilai rata rata raport supaya bisa daftar iinsan cndekia harus berapa ?

  10. jundi 18 Maret 2014 pada 20:28 #

    subhanallah .. sangat membantu . terimakasih

  11. nada 12 Maret 2014 pada 14:49 #

    maaf, saya mau nanya, surat rekomendasi itu dikirim gimana ya? soalnya kan ada 2 orang dari sekolah saya yang mau daftar, sementara di atas itu saya baca katanya hanya boleh 1 surat rekomendasi nya. bagaimana itu ya?

    • jundi 18 Maret 2014 pada 20:31 #

      kalau dri sekolah itu ada dua org yg mau daftar . ya ditulis dua duanya .. setiap orang pegang satu suratb.. misalnya . yg nau daftar . nana dan didi .
      di surat yg di pegang didi ada nama nana juga .. begitu juga di surat yg di pegang nana . ada nama didi juga

      • nirmalafauzia 20 Maret 2014 pada 11:28 #

        betuuuul :D waaah terima kasih sudah membantu menjawab pertanyaan :)

  12. Anonymous 12 Maret 2014 pada 14:44 #

    assalamualaikum ukhti/akhi
    saya mau nanya katanya buat tahun ini beasiswanya tidak full tapi hanya 50%
    bagaimana kalo yg kurang mampu dalam segi ekonomi tapi ingin daftar dan punya prestasi,, apakah bisa ?? mohon dijawab ya

Trackbacks/Pingbacks

  1. Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia Serpong 2012/2013 « Chao's blog - 6 Februari 2013

    [...] Lihat Pengumuman Penerimaan Siswa Baru TA 2013/2014 klik di sini [...]

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: