Informasi PSB MAN Insan Cendekia 2010/2011

19 Jan

Baru…!!

Pengumuman Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia Serpong & Gorontalo 2011/2012 (PPDB) sudah ada…!! lihat di sini.

Nah, akhirnya, panitia PSB ngumumin juga hal-hal yang terkait ama penerimaan siswa baru di IC ini. Langsung aja ya..

Syaratnya tuh:

1. Mengisi formulir pendaftaran
2. Siswa kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2009/2010
3. Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2010
4. Pada kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2009/2010 berada pada peringkat terbaik pararel (termasuk kelas reguler, unggulan, atau akselerasi):
a. terbaik 1 – 5 bagi MTs/SMP yang memiliki 1 – 3 rombongan belajar(jumlah kelas paralel dalam satu angkatan di sekolah);
b. terbaik 1 – 7 bagi MTs/SMP yang memiliki 4 – 5 rombongan belajar;
c. terbaik 1 – 9 bagi MTs/SMP yang memiliki lebih dari 5 rombongan belajar;
5. Menyerahkan surat keterangan peringkat terbaik pararel dari kepala madrasah/sekolah yang dibuat secara kolektif.
6. Menyerahkan fotokopi raport kelas VII s.d. IX semester 1 yang telah dilegalisasi.
7. Menyerahkan pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 lembar.
8. Menyerahkan fotokopi akte kelahiran.
9. Menyerahkan surat keterangan tinggal di pesantren bagi siswa MTs di Pondok Pesantren.
10. Menyerahkan surat pernyataan keabsaan data dan dokumen pendaftaran.
11. Mempunyai minat yang tinggi untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Berikut ini ada link ke formulir pendaftaran (klik aja)

Juga contoh surat keterangan dari sekolah.

(btw, file2 di atas, dibukanya pake PDF reader. klo sewaktu didownload ternyata komputernya nggak mau ngebuka, berarti harus diinstal dulu aplikasinya..)

Semua berkas-berkas itu harus dikirim ke:

1. MAN Insan Cendekia Serpong : Jl. Cendekia BSD Sektor XI, Serpong, Tangerang, Banten 15310, Telp (021) 7563578 – 80
2. MAN Insan Cendekia Gorontalo: Jl. Tapa-Suwawa Ds. Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango, Gorontalo, Telp. (0435) 823692

dalam jangka waktu pengiriman berkas 15 Maret – 9 April 2010 (cap pos)

Nah, kalo udah lulus seleksi berkas, nantinya tiap orang bakalan dikirim surat pemberitahuan lulus seleksi dan untuk mengikuti tes tertulis yang akan diadakan pada hari Sabtu, 8 Mei 2010

Kalo materi tesnya itu Tes Bakat Skolastik (TBS) dan tes akademik mata pelajaran: Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

Biasanya tempat tes penerimaan siswa baru itu diadain di Ibukota Provinsi. Tapi kalo jumlah peserta di provinsi tersebut kurang dari 30 orang, pelaksanaan tes dilaksanakan di Ibukota Provinsi terdekat.

Pastinya sih, tunggu aja pengumuman resmi yang dikirim dari Depag. Ntar di situ ada pemberitahuan selengkapnya, termasuk nomor tes, lokasi tes, dan lain-lainnya. Tapi ya seperti yang sudah disinggung di atas, yang bisa mengikuti tes tertulis hanyalah peserta yang lulus seleksi berkas.

Wah, semangat ya…!! Semoga aja bisa lulus dan masuk di IC. Amieen..

Oya, sebenernya formulir juga bisa diperoleh di:
1. Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama
2. Bidang Mapenda Kanwil Kementerian Agama Provinsi
3. MAN Insan Cendekia Serpong dan Gorontalo
4. Website : Kementerian Agama (www.depag.go.id), MAN Insan Cendekia Serpong (www.ic.sch.id), MAN Insan Cendekia Gorontalo (www.icg.sch.id).

Oya, kalo penjelasan di atas masih kurang jelas, langsung aja buka website IC di sini (klik aja).

terima kasih, selamat berjuang ya..:) Chao..!!

Lihat pengumuman siapa saja yang lolos tes seleksi berkas di sini

Baru…!!

Pengumuman Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia Serpong & Gorontalo 2011/2012 (PPDB) sudah ada…!! lihat di sini.


Nah, karena ada banyak yang bertanya soal PSB IC yang baru ini, jadi berikut saya rangkumkan pertanyaan-pertanyaan plus jawabannya:

T: Tempat tesnya di mana, ya?

J: Biasanya, tempat tes itu tergantung dari jumlah pendaftar yang diterima. Di kota-kota besar, pasti. Seperti Jogja, Jakarta, dll. Untuk pemberitahuan lokasi tesnya, masing-masing peserta nantinya bakal dikirimin surat dari Insan Cendekia yang mengabarkan kalo peserta itu lolos seleksi berkas. Nah, di surat itulah bakal ada pemberitahuan lokasi tesnya sekaligus jadwal dan nomor tes peserta tersebut. Jadi, sekarang nggak usah bingung lokasi tesnya di mana, yang penting sekarang kirim aja dulu berkasnya. Kalo keterima (amiin deh), tunggu aja suratnya dateng. Oke??

T: Tes bahasa Arabnya gimana?

J: Mmm… aku nggak tahu sih yang sekarang bakal gimana tesnya. Tapi, percaya aja deh kalo emang ‘ditakdirkan’ masuk IC, ntar lulus juga tesnya. Banyak kok temen-temenku yang kemampuan bahasa Arabnya nol waktu tes IC. Dan anak SMP Negeri banyak juga yang keterima di IC. Jadi jangan takut. Tapi, bagaimanapun juga ikhtiar (usaha) memang diperlukan. Jangan lupa doa juga ya…

T: Tes Bakat Skolastik itu apa, sih?

J: TBS itu kayak tes yang ngukur kemampuan kita sebenarnya dalam menerima pelajaran. Yaa.. sejenis tes IQ gitu. Tes kayak gini biasanya juga diperluin kalo kita mau daftar kerja ato masuk kuliah. Tesnya terdiri dari tes verbal/bahasa, tes numerik/angka, tes logika, dan tes spasial/gambar. Kalo penasaran gimana bentuk tesnya, banyak kok buku-buku tes bakat skolastik yang bisa jadi acuan. Liat-liat dikitlah, biar nggak kaget.

T: Lulusan tahun lalu boleh ikutan daftar buat tahun ini nggak?

J: Oh, boleh, boleh. Ada kok anak angkatan 16 (masuk tahun kemarin) yang kasusnya kayak gini. Jadi, yang berminat ikutan ajaa…

T: Apa sih hubungannya IC Serpong sama IC Gorontalo?

J: IC Serpong itu satu ‘yayasan’ istilahnya sama IC Gorontalo. Dua-duanya di bawah Depag. Dan IC itu aslinya cuma ada dua ini di Indonesia. Bedanya, IC Gorontalo itu dikhususkan untuk siswa yang berdomisili di Indonesia bagian timur, kalo IC Serpong untuk yang bagian barat. Kasarannya sih seperti itu. Tapi tergantung pilihan sih. Ntar di formulir pendaftarannya ada pilihannya, mau daftar buat IC Serpong doang, Gorontalo doang, ato IC Serpong dan IC Gorontalo sekaligus.

T: Biaya?

J: Sudah empat angkatan ini, Insan Cendekia membebaskan biaya 100%. Semua gratis. Mulai dari biaya formulir pendaftaran, SPP, makan, sampai asrama juga gratis. Buku standarnya sih dipinjemin dari perpustakaan. Tapi kalo buat uang saku, transport, dan lainnya yaa, itu sih biaya sendiri.


About these ads

135 Tanggapan to “Informasi PSB MAN Insan Cendekia 2010/2011”

  1. putra k 31 Mei 2012 at 07:54 #

    yes….
    Aku lulus tes tertulis
    thks kak….

  2. Anonymous 3 Maret 2012 at 14:19 #

    saya ingin bertanya apa formulirnya bisa dikirim lewat pos?

    • nirmalafauzia 3 Maret 2012 at 20:52 #

      @anonymous: waah. kalau pas jaman saya dulu sih masih bisa. cuma kalau pakai sistem yang sekarang saya kurang tahu. mungkin bisa langsung hubungi saja ke humas penerimaan siswa baru IC..

  3. Anonymous 17 Februari 2012 at 06:37 #

    saya ingin bertnya , apa formulirnya bisa di kirim melalui internet ?

  4. yuni 16 Februari 2012 at 14:09 #

    mau tanya kpn mulai pendaftaran th 2012

  5. Samsu Rijal 18 Januari 2012 at 10:59 #

    Tolong informasi untuk penerimaan siswa untuk Tahun Pelajaran 2012/2013

  6. tasniah fauzi 8 Januari 2012 at 11:14 #

    assalamu’alaikum..kak
    mau nanya kak, kapan pendaftaran tahun ajaran 2012/2013 dimulai??
    terima kasih ya kak atas informasinya..:) :)

  7. Anonymous 8 Januari 2012 at 10:58 #

    assalamu’alaikum…kak
    mau nanya kapan pendaftaran untuk tahun ajaran 2012/2013 nya kak?
    terima kasih..:)

  8. Renny Muliawan 6 Januari 2012 at 20:51 #

    PSB 2012 ϑĭ mulai kpn ya ?

  9. Irfan Hielmi 25 Desember 2011 at 18:32 #

    aaaa

  10. Irfan Hielmi 25 Desember 2011 at 18:09 #

    maaf ka’ kalo boleh tau PPDB IC Tangerang 2012-2013 kapan ya dimulainya ????

  11. Irfan Hielmi 25 Desember 2011 at 18:06 #

    maaf ka’ kalo boleh tau kapan ya PPDB tahun 2012-2013 dimulai ??????

  12. nenden aisyah mujahidah 30 September 2011 at 12:02 #

    Nenden

    k’ aku dari cirebon, aku klz 9 n’ aku brniat bnget pgen msuk MIC,,
    kalau dftarnya dari bulan apa?? n’ pengumumannya kpan??

  13. SUTIMAN ABDI PUTRA 8 Juli 2011 at 13:51 #

    Sy punya anak, sekarang masih kelas VIII MTs. ingin bisa mel;anjutkan ke IC, apa saja persyaratan yang perlu disiapkan? trims

  14. heri 30 Juni 2011 at 21:26 #

    anak saya th dpn pengin daftar di IC,tapi nilai matematika bhs inggris klas VII smt 1 kurang dari 7…bisa lolos seleksi berkas?

Trackbacks/Pingbacks

  1. MAN Insan Cendekia Serpong Tercinta « Chao’s blog - 19 Januari 2010

    [...] Oya, ini ada info terbaru untuk PSB IC 2010/2011. Klik di sini. [...]

Ada komentar?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: